Nama Dua Pemain NBA Asal China Masuk Skuat untuk Asian Games 2018

Selasa, 14 Agustus 2018 20:36 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Jordan Clarkson, pemain Cleveland Cavaliers yang berdarah Filipina-AS, batal tampil di Asian Games 2018. Copyright: © Getty Images
Jordan Clarkson, pemain Cleveland Cavaliers yang berdarah Filipina-AS, batal tampil di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Nama dua atlet basket NBA asal China mendadak muncul di daftar pemain yang akan berlaga di Asian Games 2018 Indonesia. Hal itu berbeda dengan nasib yang harus diterima oleh Filipina. 

Pelatih tim basket putra Filipina Yeng Guaio terpaksa harus mencoret pebasket keturunan Filipina-Amerika Serikat (AS) Jordan Clarkson akibat tidak diizinkan oleh pihak NBA. Guiao akhirnya memasukkan nama Don Trollano.

Sementara nama dua pebasket China,  Zhou Qi (Houston Rockets) dan Ding Yanyuhang (Dallas Maverick) masih ada di daftar pemain yang akan berlaga di pesta olahraga se-Asia yang akan mulai dalam hitungan hari.

"Kelihatannya China keras kepala dengan tetap memasukkan nama kedua pemain ini dalam daftar tim utama," ujar Guiao dalam wawancara lewat telepon sebagaimana dilansir ESPN.

Asisten pelatih Ryan Gregorio menegaskan masalah ini bukan dengan Dewan Olimpiade Asia (OCA), tetapi lebih ke NBA. 

"Sepengetahuan saya, OCA tidak melarang pebasket China berkompetisi di Asian Games, begitu juga dengan Clarkson. Masalahnya berarti di NBA. Kami masih menunggu keputusan NBA terkait pemain China ini. China kelihatannya tidak menghargai aturan NBA terkait hal ini," ujar Gregorio.

NBA dalam pernyataannya menegaskan pihaknya membolehkan atletnya membela negara di kompetisi yang terakreditas dengan organisasi basket dunia (FIBA) seperti Olimpiade, Piala Dunia FIBA, kompetisi Piala Kontinental. Karena Asian Games tidak termasuk, jadi NBA punya hak melarang pemainnya ikut di ajang itu.

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti terus berita seputar sepak bola dan olahraga lain serta serba-serbi Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT