Tangis Haru Warnai Perpisahan Tim Basket Putri Gabungan Korea Selatan dan Korea Utara

Senin, 3 September 2018 21:03 WIB
Editor: Isman Fadil
© Yonhapnews
Tim basket putri Korea Bersatu. Copyright: © Yonhapnews
Tim basket putri Korea Bersatu.

INDOSPORT.COM - Suasana haru dan tawa mewarnai perpisahan dari tim basket putri Unifikasi Korea atau Korea Bersatu di Asian Games 2018.

Tim basket putri Korea Bersatu berhasil meraih hasil yang membanggakan di Asian Games 2018. Mereka mampu membawa pulang medali perak usai dikalahkan oleh China di final Asian Games 2018. Mereka dipaksa menyerah 65-71 dari Negeri Tirai Bambu.

Hasil itu tentu tidaklah mengecewakan. Pasalnya, tim Korea Bersatu yang terdiri dari pemain Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) ini baru mulai latihan bersama dua minggu jelang Asian Games 2018.

Pemain Korut sendiri diwakili oleh Ro Suk-yong, Jang Mi-gyong and Kim Hye-yon. Sedangkan 9 pemain sisanya berasal dari Korsel.

Dilansir dari media Korea, Yonhap News, pada Minggu (02/09/18), kebersamaan tim basket putri Korea Bersatu pun berakhir. Mereka harus berpisah untuk pulang ke negaranya masing-masing. Perpisahan itu nyatanya menjadi sangat haru.

Asisten pelatih Korsel, Ha Sook-rye dan asisten pelatih Korut, Jong Song-sim berjalan bergandengan tangan. Sementara pelatih kepala Lee Moon-kyu, yang berasal dari Korea Selatan pun berbicara panjang lebar dengan salah satu pemain asal Korut, Kim Hye-yon.

© Yonhapnews
Tim basket putri Korea Selatan. Copyright: YonhapnewsTim basket putri Korea Bersatu Lambaikan Tangan Sebagai Perpisahan.

Suasana semakin haru ketika bis yang membawa tim Korut berangkat ke bandara. Lee dan para pemain Korsel lainnya melambaikan tangan sampai kendaraan menjauh hingga tak terlihat oleh pandangan mata.

Sang pelatih pun akhirnya tak bisa menutupi kesedihan dan harunya karena harus berpisah dengan pemain-pemainnya itu. Lee pun tak lupa memuji pemain-pemain Korut serta mengucapkan terima kasihnya telah berjuang bersama.

"Mereka semua orang hebat dan mampu bergaul dengan para pemain (Korea Selatan) dengan sangat baik. Saya berterima kasih untuk itu," kata Lee.

"Saya pikir saya punya kesempatan untuk melatih pemain yang sangat bagus. Saya harap mereka akan terus berlatih dan bermain di lingkungan yang baik." imbuhnya.

Selanjutnya, tim Korea Bersatu akan bersama kembali di Seoul pada bulan Oktober mendatang dalam rangka kunjungan timbal balik Korut ke ibukota Korsel yang menyangkut soal persahabatan kedua negara.

Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Basket di INDOSPORT

3