Baru Satu Seri, IBL 2018/2019 Sudah Makan 'Korban'

Kamis, 6 Desember 2018 21:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kegembiraam para pemain Satria Muda usai mengalahkan Pelita Jaya. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kegembiraam para pemain Satria Muda usai mengalahkan Pelita Jaya.

INDOSPORT.COM - Kompetisi bola basket tertinggi Tanah Air, Indonesian Basketball League (IBL) 2018-2019 baru berjalan satu seri. Namun, sudah ada perubahan roster (dari susunan pemain dan pelatih) yang dilakukan oleh kontestan liga dengan beragam alasan. 

Setidaknya, ada tiga tim yang melakukan pergantian pemain dan juga official tim yaitu Pelita Jaya Basketball Club, Satya Wacana Salatiga, dan Stapac Jakarta. 

Pelita Jaya dilaporkan melakukan pergantian pelatih dari sebelumnya Johannis Winar (digeser dari kepala pelatih menjadi asisten pelatih) ke  Fictor Gideon Roring yang musim lalu menjabat sebagai manajer tim (posisi manajer kini ditempati oleh Nugroho Budi Cahyono).

Menariknya, Pelita Jaya belum sekalipun bermain di IBL 2018-2019. Tim juara IBL 2017 itu tidak bertanding di Seri I Semarang, karena beberapa pemain dan ofisial terlibat di timnas Indonesia yang sedang mengikuti Pra-Kualifikasi Wilayah Timur Piala Asia FIBA 2018 di Thailand.

Selanjutnya, Satya Wacana Salatiga yang melakukan pergantian pemain asing. Kali ini, posisi Ronald A. Whitaker Joseph digeser oleh Raymond Edward Miller Jr, meski di Seri I Semarang, Withaker sempat bermain dua kali dari tiga laga yang dilakoni Satya Wacana.

Sementara itu, Stapac Jakarta mengambil langkah cukup berani, lantaran mengganti pemain dan juga ofisial. Satu pemain asing tim Ibu Kota, Jordin D. Mayes terpaksa dicoret dan digantikan oleh Kendal Lee Yancy karena mengalami cedera lutut.

Sejauh ini di Seri I Semarang, Jordin Meyes hanya bermain selama delapan menit dan menyumbang dua poin saat Stapac secara mengejutkan kalah dari Siliwangi Bogor. Ini menjadi pergantian yang berikutnya, sebab Stapac sebelumnya sempat melakukan pergantian pemain asing sebelum Seri I Semarang dimulai, dimana Keenan Peterson digantikan Savon Rafriyq Llyod Goodman.

Selain dari posisi pemain, Stapac juga melakukan perombakan dari di sisi offisial tim. Gagan Rachmat yang sebelumnya menjabat sebagai manajer tim, kini digantikan oleh Jugianto Kuntardjo. 

IBL Seri II akan berlangsung di Jakarta, tepatnya di Britama Arena, Kelapa Gading dan mulai bergulir pada Jumat (07/12/18). Laga pembuka Seri Jakarta akan mempertemukan NSH Jakarta vs Bima Perkasa Jogja dilanjutkan tiga pertandingan lain yakni Stapac vs Bogor Siliwangi, Satria Wacana vs Satria Muda dan Pelita Jaya vs Prawira Bandung.

Terus Ikuti Berita Olahraga IBL Lainnya di INDOSPORT 
 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%