Kaleb Ramot Gemilang: Debutan di Asian Games 2018 hingga Raih MVP IBL Musim Ini

Sabtu, 23 Maret 2019 12:07 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Kaleb Ramot Gemilang berhasil mendapatkan gelar individu Most Valuable Player (MVP) pada IBL musim 2018/19. Copyright: © INDOSPORT
Kaleb Ramot Gemilang berhasil mendapatkan gelar individu Most Valuable Player (MVP) pada IBL musim 2018/19.

INDOSPORT.COM – Setelah berhasil membantu Stapac Jakarta menang di game pertama final Indonesia Basketball League (IBL) 2018/19, Kaleb Ramot Gemilang berhasil mendapatkan gelar individu.

Stapaca Jakarta berhasil menuntaskan pertandingan final melawan Satria Muda dengan kemenangan. Stapac Jakarta sukses memenangkan laga bertajuk El Clasico ini dengan skor 79-68.

Kaleb Ramot Gemilang yang menggunakan nomor punggung 3, dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) pada IBL musim 2018/19. Ini menjadi sebuah anugerah tersendiri bagi Kaleb Ramot Gemilang.

Pebasket yang saat ini masih berusia 27 tahun tersebut mampu mengalahkan dua pesaingnya, yakni penggawa Pacific Caesar Surabaya, Hardian Wicaksono dan Andre Rorimpandey dari NSH Jakarta.

Debutan Timnas Basket Indonesia

Kaleb Ramot Gemilang merupakan pemain debutan di Timnas Basket Indonesia saat bertarung di Asian Games 2018 lalu. Dirinya lebh dulu memainkan pertandingan melawan Timor Leste di test event Basket Asian Games 2018.

Hasilnya pun cukup memuaskan. Pebasket yang pernah memperkuat CLS Surabaya tersebut berhasil menjalani debutnya dengan sangat manis. Karena saat itu dirinya membantu Indonesia mengalahkan Timor Leste dengan skor telak 135-30.

Bermain menggantikan Arki Dikania Wisnu, Kaleb Ramot Gemilang berhasil menyumbang empat poin dan satu lemparan three point. Dirinya juga menyumbang dua assist di laga Indonesia vs Timor Leste.

Peran Terbaik Kaleb Ramot Gemilang

Layaknya seorang pebasket pada umumnya, Kaleb Ramot Gemilang juga memiliki peran terbaiknya di atas lapangan. Pebasket kelahiran Bandung tersebut bisa menjadi NS dan BH.

NS sendiri merupakan golongan pemain yang lebih dominan dalam hal pertahanan. Pada era modern ini, peran tersebut dimainkan oleh LeBron James.

Sedangkan BH merupakan singkatan dari Ball Handler, yang memiliki keterampilan dan kemampuan fisik untuk mengontrol bola dengan berbagai teknik. Pemain ini biasanya punya fisik yang kuat untuk melakukan gerakan bertahan.  

Postur tubuh mencapai 184 sentimeter dan berat badan 92 kilogram membuat Kaleb Ramot Gemilang cocok untuk memainkan peran tersebut. Ia pun digadang-gadang punya prospek yang menjanjikan di Timnas basket Indonesia.

Terus Ikuti Berita Olahraga Basket Lainnya di INDOSPORT