In-depth

'Kekuasaan' Amerika Serikat Runtuh, Siapa Juara FIBA World Cup 2019?

Kamis, 12 September 2019 06:22 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© David Dow/NBAE via Getty Images
Amerika Serikat kalah dari Prancis dan tersingkir di FIBA World Cup 2019 Copyright: © David Dow/NBAE via Getty Images
Amerika Serikat kalah dari Prancis dan tersingkir di FIBA World Cup 2019

INDOSPORT.COM - Amerika Serikat gagal meraih gelar juara di FIBA World Cup 2019. Negara manakah yang akan menjadi juara FIBA World Cup 2019? 

Amerika Serikat sudah sejak lama dikenal sebagai negara adidaya. Amerika Serikat unggul di banyak bidang. 

Salah satu keunggulan yang dimiliki Amerika Serikat di bidang olahraga adalah basket. Hal itu bukannya tanpa alasan. 

Olahraga basket memang lahir dan berkembang di Amerika Serikat. Amerika Serikat juga punya kompetisi profesional NBA, tempat banyak pemain hebat di dunia berkumpul. 

Di level Tim Nasional, Timnas Basket Amerika Serikat bahkan dijuluki "The Dream Team", karena diisi oleh pemain yang merupakan bintang-bintang NBA. 

Prestasi Timnas Basket Amerika Serikat pun mentereng, 5 kali juara FIBA World Cup, 7 kali juara FIBA AmeriCup, dan 15 kali meraih medali emas Olimpiade. 

Amerika Serikat berhasil meraih gelar back-to-back di FIBA World Cup 2010 dan 2014. Sayangnya, dominasi Amerika Serikat harus runtuh di FIBA World Cup 2019. 

Amerika Serikat dikalahkan oleh Prancis dengan skor 89-79 di babak perempatfinal. 

Analisis Pertandingan 

Amerika Serikat sebenarnya sempat unggul di awal kuarter pertama, tetapi Prancis mampu membalas setiap serangan Amerika Serikat dan kuarter pertama berakhir imbang 18-18. 

Pada kuarter kedua, pergantian pemain mulai banyak dilakukan dan pemain cadangan kedua tim mampu tampil cukup baik. 

Kedua tim juga mencatatkan jumlah turnovers yang sama, tetapi Prancis lebih efektif memanfaatkan turnovers dan mencetak 8 poin. Prancis menutup kuarter kedua dengan keunggulan 45-39. 

Skor sempat imbang 63-63 saat kuarter ketiga menyisakan waktu 1 menit, bahkan Amerika Serikat unggul 66-63 di akhir kuarter ketiga. 

Memasuki kuarter keempat, Amerika Serikat sempat unggul 72-65. Tetapi kekuatan Amerika seolah mulai habis. 

Prancis perlahan-lahan mulai mencetak poin dan menyamakan skor menjadi 76-76 dengan waktu tersisa 3 menit 26 detik. 

Hingga akhirnya Prancis berbalik unggul 78-76 berkat layup dari shooting guard Orlando Magic, Evan Fournier. Prancis pun akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 89-79 dan lolos ke semifinal. 

Penampilan Terburuk? 

Terakhir kali Amerika Serikat gugur di babak perempatfinal adalah pada FIBA World Cup 2002, dan kejadian itu justru terjadi saat USA menjadi tuan rumah. 

Melihat fakta tersebut, maka penampilan Amerika Serikat di FIBA World Cup 2019 bukanlah yang terburuk dari setidaknya dalam 30 tahun terakhir. 

Apalagi, pemain-pemain yang memperkuat Timnas Basket Amerika di FIBA World Cup 2019 memang kurang berpengalaman di kancah internasional. 

Siapa yang Akan Juara? 

Saat awal turnamen Serbia disebut-sebut akan menjadi penantang paling kuat bagi Amerika Serikat untuk merebut gelar FIBA World Cup 2019. 

Akan tetapi, Nikola Jokic dkk dikalahkan oleh Argentina pada babak perempatfinal. Maka cukup tepat rasanya jika menyebut Argentina sebagai kandidat kuat peraih gelar FIBA World Cup 2019. 

Meski hanya mengandalkan bintang-bintang lokal dan tiga penggawa Real Madrid, Argentina tampil cukup baik di FIBA World Cup 2019. 

Satu lagi kandidat kuat peraih gelar FIBA World Cup 2019 tentunya adalah negara yang mengalahkan Amerika Serikat, Prancis

Dengan Nicolas Batum (Charlotte Hornets), Frank Ntilikina (New York Knicks), Rudy Gobert (Utah Jazz), dan Evan Fournier (Orlando Magic), Prancis menjelma menjadi tim yang kuat dan pantas untuk meraih gelar FIBA World Cup 2019. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%