Evaluasi Timnas Basket Indonesia di Seri III IBL 2020

Senin, 3 Februari 2020 15:54 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bintang Basket Indonesia Patriots, Abraham Damar saat melakukan lay up melawan Satria Muda Pertamina Jakarta Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Bintang Basket Indonesia Patriots, Abraham Damar saat melakukan lay up melawan Satria Muda Pertamina Jakarta

INDOSPORT.COM - Indonesia Patriots telah menyelesaikan pertandingan Seri III IBL 2020. Berikut evaluasi Timnas Basket Indonesia di Seri III IBL 2020. 

Timnas Basket Indonesia atau Indonesia Patriots telah menyelesaikan pertandingan-pertandingan di Seri III IBL 2020, 31 Januari - 2 Februari 2020 di Jakarta. 

Indonesia Patriots yang dilatih oleh Rajko Toroman, menjalani tiga pertandingan. Pada hari pertama, Indonesia Patriots menang 93-74 atas Bima Perkasa Yogyakarta. 

Pada hari kedua, Indonesia Patriots melawan NSH Jakarta. Lalu pada hari ketiga, lawan yang dihadapi adalah tuan rumah, Satria Muda Pertamina Jakarta, Indonesia Patriots menang 68-44. 

Dari tiga pertandingan tersebut, Indonesia Patriots gagal menyapu bersih kemenangan. Brandon Jawato dkk harus menderita satu kekalahan ketika melawan NSH Jakarta dengan skor 89-93. 

Sebelum menghadapi Seri IV IBL 2020 di Yogyakarta pada 6-8 Februari, berikut INDOSPORT sajikan evaluasi Timnas Basket Indonesia di Seri III IBL 2020 Jakarta. 

Pemain Lokal Mulai Meningkat 

Pemain-pemain lokal yang ada di Indonesia Patriot sudah semakin meningkat kualitas permainan dan statistiknya. Meski Brandon Jawato dan Lester Prosper masih jadi mesin poin utama, tetapi pemain lainnya sudah mulai menyusul. 

Pada pertandingan melawan NSH, Abraham Damar mencetak 15 poin. Kemudian saat melawan NSH Jakarta, Andakara Prastawa mencetak 15 poin. 

Kemudian saat melawan Satria Muda giliran Hardianus Lakudu mencetak 8 poin. Waktu bermain para pemain lokal juga mulai bertambah. 

Hanya Vincent Rivaldi Kosasih dan Kevin Yonas Sitorus saja yang menit bermainnya kurang dari 5 menit di tiap pertandingannya. 

Turnovers Masih Tinggi

Meski selalu mencetak lebih dari 50 poin di tiap pertandingannya Indonesia Patriots masih mencatatkan angka turnovers yang tinggi. 

Saat melawan Bima Perkasa, 8 turnovers terjadi, sedangkan saat melawan NSH Jakarta lebih buruk lagi, 13 turnovers terjadi. 

Ketika melawan Satria Muda, 8 turnovers kembali dilakukan penggawa Indonesia Patriots. 

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 Semakin Dekat

Kekurangan dari Indonesia Patriots seperti angka turnovers yang tinggi, harus diperbaiki segera, setidaknya ketika menjalani Seri IV IBL 2020. 

Setelah menghadapi Seri IV IBL, Timnas Basket Indonesia akan menjalani Window 1 Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Pada tanggal 20 Februari, Indonesia akan melawan Korea Selatan. 

Kemudian pada tanggal 23 Februari, Indonesia akan menjamu Filipina. Dua pertandingan awal ini sangat penting demi kelancaran Indonesia menuju FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023.