16 SMA Bersaing Jadi Juara Red Bull Basketball Championships 2023 Seri Jawa Timur

Sabtu, 4 Maret 2023 22:39 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Red Bull Indonesia
Turnamen bola basket antar SMA/Sederajat, Red Bull Basketball Championship 2023 seri Jawa Timur resmi bergulir mulai Sabtu (04/03/23) hingga Senin (06/03/23). Copyright: © Red Bull Indonesia
Turnamen bola basket antar SMA/Sederajat, Red Bull Basketball Championship 2023 seri Jawa Timur resmi bergulir mulai Sabtu (04/03/23) hingga Senin (06/03/23).

INDOSPORT.COM - Turnamen bola basket antar SMA/Sederajat, Red Bull Basketball Championship 2023 seri Jawa Timur resmi bergulir mulai Sabtu (04/03/23) hingga Senin (06/03/23).

Sebanyak 16 SMA/Sederajat asal Jawa Timur bersaing ketat menjadi yang terbaik dalam Red Bull Basketball Championships 2023 seri Jawa Timur yang digelar di GOR Basket Unesa, Surabaya.

Jawa Timur sendiri merupakan seri kedua dari Red Bull Basketball Championships 2023, setelah sebelumnya 2 minggu yang lalu digelar di Jawa Tengah.

“Surabaya juga menjadi kota kedua, setelah sebelumnya kami menggelar pertandingan seri pertama di Semarang,” ujar Sigid HS selaku Promotion Manager PT Asia Health Energi Beverages (AHEB).

Dalam kesempatan tersebut, Sigid mengatakan bahwa sama seperti edisi tahun sebelumnya, Red Bull Basketball Championships 2023 juga akan memperebutkan trofi bergilir Piala Kemenpora.

“Tahun lalu juaranya ada di Jakarta dan itu diperebutkan lagi di tahun ini oleh 10 provinsi yang masing-masing mewakili 10 sekolah,” lanjutnya.

Sekadar informasi, turnamen bola basket Red Bull Championship 2023 bakal diadakan di 10 provinsi, yang nantinya masing-masing juara akan dipertemukan lagi pada babak Grand Final.

“Nanti setelah juara satu-satu tim juara dari setiap kota akan diberangkatkan, saya belum tahu masih tentatif, Yogyakarta atau Jakarta lokasinya,” beber Sigid.

Lebih lanjut, Sigid berharap Red Bull Basketball Championships 2023 ini bisa berlanjut bagi siswa dari masing-masing sekolah untuk menggeluti profesi atlet, khususnya di cabor bola basket.

“Siapa tahu dia bisa membela tim di dalam negeri maupun luar negeri. Artinya mereka bisa diambil oleh klub-klub di liga nasional, seperti IBL,” jelasnya.

Dukungan Suporter

Tim yang berlaga di Red Bull Championships 2023 seri Jawa Timur semakin semangat dengan adanya suporter.

Salah satu sekolah yang didukung langsung oleh suporter adalah SMA Negeri 1 Bangkalan, Madura. Mereka terlihat sangat totalitas dalam mendukung sekolahnya di event Red Bull Championship 2023 seri Jawa Timur.

Para siswa dari SMA Negeri 1 Bangkalan tiba di GOR Basket Unesa membawa alat perkusi dan tak lupa bendera almamater berukuran jumbo.

Ketua Suporter SMAN 1 Bangkalan, Gibran Maulidi mengungkapkan sudah melakukan persiapan beberapa hari sebelum mendukung teman-temannya pada Red Bull Basketball Championships 2023 seri Jawa Timur.

Selain totalitas, suporter SMAN 1 Bangkalan ini cukup militan. Mereka rela berangkat dari Pulau Madura mengendarai sepeda motor.

Namun sayangnya, dukungan para suporter ini belum berhasil membuat tim basketnya keluar sebagai pemenang pada laga melawan SMKN 2 Surabaya. SMAN 1 Bangkalan kalah dengan skor 42-44.

Daftar 16 tim peserta Red Bull Basketball 2023 seri Jawa Timur

SMKN 2 Surabaya 

SMAN 1 Bangkalan

SMA Petra 1 

SMAN 16 Surabaya

SMAN 1 Puri Mojokerto 

SMAK ST Hendrikus

SMAN 21 Surabaya 

SMAN 18 Surabaya

SMAN 5 Surabaya 

SMAN 6 Surabaya

SMAK Gloria 2 

SMAN Xin Zhong

SMAK Gloria 1 

SMAN 8 Surabaya

SMAN 2 Surabaya 

SMAK Frateran