Diikuti 16 SMA, RBBC 2023 Seri Sumut Perebutkan Satu Tiket ke Surabaya

Sabtu, 20 Mei 2023 13:29 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Prio Hari Kristanto
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Foto bersama perwakilan peserta dengan Brand Manager Red Bull Indonesia, Johan Pasaribu, Sabtu (20/05/23). Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Foto bersama perwakilan peserta dengan Brand Manager Red Bull Indonesia, Johan Pasaribu, Sabtu (20/05/23).

INDOSPORT.COM - Turnamen bola basket antar SMA/Sederajat, Red Bull Basketball Championships (RBBC) 2023 seri Sumatra Utara (Sumut), resmi bergulir mulai Sabtu (20/05/23) di GOR Samudra, Medan.

Sebanyak 16 tim SMA/sederajat se-Sumut ini bertarung menjadi yang terbaik sampai Senin (22/05/23) mendatang, untuk memperebutkan satu tiket ke babak Grand Final di Surabaya. Total ada 10 tim yang tampil di grand final.

Brand Manager Red Bull Indonesia, Johan Pasaribu, mengatakan event ini merupakan edisi RBBC kedua dan seri Sumut di Medan ini merupakan seri ke-8. Berikutnya ada seri Pekanbaru (Riau/9) dan Palembang (Sumsel/10).

"Juara 1 nanti akan kami berangkatkan ke Surabaya untuk Grand Final. Seluruh akomodasi, jersey, penginapan dan asuransi sudah kami siapkan dari Red Bull Indonesia," kata Johan kepada INDOSPORT, usai opening ceremony.

Lanjut Johan, Grand Final di Surabaya direncanakan akan digelar di GOR UNESA dari tanggal 22-25 Juni 2023. Selain itu ia juga membeberkan sistem atau format kompetisi yang dipakai.

"Awalnya kita agendakan di Yogya (grand final). Namun karena urusan perizinan, keamanan dan keramaian, saat ini Yogya siaga 1, jadi kami pindahkan ke Surabaya," bebernya.

"Sistemnya knock-out untuk setiap seri, jadi yang kalah langsung gugur. Tapi saat grand final (Surabaya) nanti ada semi grup," sambungnya.

Lebih lanjut, Johan menyebut jumlah peserta di tiap serinya tetap 16 tim, sama seperti edisi pertama tahun lalu.

"Namun perbedaannya hanya di modern dance di mana seri Sumut RBBC tahun ini merupakan peserta terbanyak dari semua seri lainnya untuk modern dance yakni 12 tim. Rencananya hari Senin nanti acaranya," ungkapnya.

Johan juga menambahkan, juara 1, 2 dan 3 setiap seri akan mendapatkan piala, medali, sertifikat dari Kemenpora, dan uang pembinaan dari sponsor dan Red Bull Indonesia.

Selain itu, untuk setiap serinya ada penghargaan individu. Namun edisi tahun ini ada tambahan satu penghargaan lagi.

"Jika edisi pertama tahun lalu cuma ada 3, seperti MVP, Fair Play Team, dan best suporter di setiap harinya. Di edisi kedua ini ada satu tambahan lagi yakni best coach. Penghargaan ini kami anggap sangat penting dalam bola basket. Jadi total ada 4," ucapnya.

Johan juga tak lupa berpesan untuk menjaga kompetisi ini dengan menjunjung tinggi sportivitas dan setiap tim harus berambisi menjadi yang terbaik di event ini.

"Dari sisi suporter juga harus ramai dan semoga kompetisi ini menjadi yang paling bagus di Medan. Agar event ini dapat terus berlangsung di setiap tahunnya di sini. Dari itu, tetap jaga sportivitas dan juga ambisi untuk menjadi juara RBBC," pungkasnya.

Berikut 16 tim SMA/sederajat di RBBC 2023 seri Sumut:

1. SMA 2 Methodist 2 Medan
2. SMA Wiyata Dharma Medan
3. SMKN 1 Percut Sei Tuan
4. SMA Global Prima Medan
5. SMA Bina Bersaudara Medan
6. MAN 2 Model Medan
7. SMA Methodist Lubuk Pakam
8. SMA Chandra Kumala Medan
9. SMA Sutomo 1 Medan
10. SMA Methodist Binjai
11. SMAN 11 Medan
12. SMA Cinta Budaya Medan
13. SMA Ahmad Yani Binjai
14. MAN 2 Medan
15. SMK Telkom 1 Medan
16. SMA Wahidin Medan