Biaya Makan Kuda Asian Games per Hari Seharga Satu Unit Motor

Jumat, 17 Agustus 2018 18:56 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Kuda yang akan dipacu di Asian Games 2018. Copyright: © INDOSPORT
Kuda yang akan dipacu di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM – Di antara banyaknya cabang olahraga (cabor) yang tersaji di Asian Games 2018, terdapat satu, cabor yang mungkin menarik perhatian masyarakat. Bukan karena, serunya pertandingan yang disajikan. Namun, karena ‘mahal’-nya persiapan untuk cabor ini, yaitu Equestrian atau pacuan kuda.

Berdasarkan wawancara dengan Asisstant Stable Manager Jakarta Internasional Equestrian Park Pulomas (JIEEP) Saskya Bingei, untuk Asian Games 2018, pihaknya telah menyewa 140 kuda dari berbagai negara di Eropa.

“Mungkin ada 100 kuda yang sudah datang. Dan, mungkin 40 lagi akan datang minggu depan ke sini. Kebanyakan kuda dari Eropa. Jerman, Belanda, Inggris dari situlah mereka datang,” ujarnya.

Ketika ditanya mengenai biaya yang dikeluarkan untuk menyewa setiap kudanya, ia menolak dengan halus untuk menyebutkan.

Namun, berdasarkan pengamatan kami, untuk menyewa satu kuda dari Eropa membutuhkan biaya yang tak sedikit. Dari data yang telah dikumpulkan, setidaknya butuh 350 ribu euro atau sekitar Rp5 milliar untuk menyewa satu kuda dari Eropa.

Jadi, apabila Indonesia menyewa 140 kuda, maka Indonesia, membutuhkan sedikitnya 35 juta euro atau sekitar Rp5,8 trilliun. Angka tersebut belum termasuk dengan biaya makan, kandang, dan lain-lain.

“Mereka biasanya makan palette food, brandnya beda-beda. Mereka juga makan rumput, dry grass."

Berdasarkan pengamatan kami sekali lagi, untuk harga satu Palette food merk Royal Horse yang dijual toko-toko online berkisar 300 ribu hingga 500 ribu per 25 kilogram. Apabila seperti itu, maka setidaknya Indonesia harus menyiapkan minimal 12 juta rupiah untuk memberi makan seluruh kuda tersebut per harinya.

Itu belum termasuk dengan vitamin dan rumput atau dry grass. Pasalnya, rumput-rumput yang tumbuh di Indonesia, tidak cocok untuk kesehatan para kuda yang bertanding.

Ketika ditanya mengenai kondisi kandang yang ada di Indonesia, Saskya mengatakan, keadaannya hampir menyerupai standar-standar kandang di luar negeri. Bisa diperkirakan, berapa besar biaya pembuatan kandang standar internasional untuk kuda.

Penulis: Ridi Fadhilah Khan

Jadwal Timnas Indonesia U-23 vs Laos U-23 di Asian Games 2018

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDOSPORT.com (@indosportdotcom) pada

Ikuti Terus Berita Sport dan Sepak Bola Hanya di INDOSPORT.COM