Pordasi Bergerak Cepat, Bentuk Atlet Berkuda Unggulan untuk Olimpiade 2032

Sabtu, 29 Februari 2020 23:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Media Pordasi
Pelatikan Ketum Pordasi 2020-2024, Triwatty Marciano, oleh Menpora RI, Zainudin Amali, Jumat (28/2/20). Copyright: © Media Pordasi
Pelatikan Ketum Pordasi 2020-2024, Triwatty Marciano, oleh Menpora RI, Zainudin Amali, Jumat (28/2/20).

INDOSPORT.COM - Pembinaan atlet berkuda usia muda menjadi perhatian Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi). Mereka meyakini atlet muda, khususnya di nomor ketangkasan berkuda (equestrian) bisa berprestasi di ajang Olimpiade 2032 mendatang. 

“Pada Olimpade 2032 nanti kami meyakini akan mempersembahkan medali. Ini yang sedang kami persiapkan,” kata Ketua Umum Pordasi, Triwatty Marciano, usai pelantikan PP Pordasi di Jakarta, Jumat (28/2/20). 

Salah satu atlet Equastrian muda potensial Indonesia ialah Muhamad Akbar. Dia tampil gemilang di ajang Equestrian Champions League (ECL) 2020 yang berlangsung di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), 14-16 Februari silam.

Akbar yang berasal dari Kurnia Stable Equestrian Club secara keseluruhan sukses memboyong tujuh medali emas dari 12 kelas yang dilombakan dalam seri pembuka ECL 2020 tersebut.

Untuk mewujudkan itu, Triwatty Marciano menyebut peningkatan kualitas kompetisi akan dilakukan guna mencari bibit atlet-atlet berkuda. Selain itu, peningkatan sarana dan prasarana berkuda juga menjadi bagian penting untuk menunjang prestasi atlet. 

“Sarana dan prasarana berkuda juga menjadi bagian penting. Kami akan mulai menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah untuk membangunnya,” jelasnya. 

Di tempat yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan harapan terhadap olahraga berkuda untuk bisa berprestasi di kejuaraan internasional. Dia berharap proyek jangka panjang pembinaan atlet muda untuk Olimpiade 2032 bisa berprestasi dan menyumbangkan medali. 

“Presiden Jokowi serius untuk bisa jadi tuan rumah. Beliau meminta agar bukan hanya sukses menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, melainkan dari sisi cabor-cabor juga bisa berprestasi,” tandas Zainudin Amali.