Medali Perak dan Bantuan Euclia Jadi Pelipur Lara Korban Gempa Cianjur

Minggu, 27 November 2022 17:46 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Euclia Purnama
Atlet equestrian Indonesia, Euclia Purnama. Copyright: © Euclia Purnama
Atlet equestrian Indonesia, Euclia Purnama.

INDOSPORT.COM - Gempa bumi yang melanda Cianjur, Jawa Barat, membuat hati banyak orang tergetar, tak terkecuali atlet equestrian Indonesia, Euclia Purnama.

Perasaan Euclia saat ini tengah campur aduk. Di saat yang bersamaan dengan gempa bumi di Cianjur, atlet berusia 16 tahun itu juga merebut medali perak beregu dalam internasional Princess Cup 2022 di Thailand

Dia meraih medali perak bersama dua rekannya, Muhammad Akbar Kurniawan dan Kayla Alesha. Inilah kejuaraan berkuda tingkat Asia yang diikuti atlet junior nasional mewakili delapan negara. 

Tak lama setelah mengalungi medali perak, Euclia menerima kabar gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat. Saat itu juga, dia berniat mempersembahkan medali perak yang diperoleh untuk para korban bencana alam tersebut.

“Kami tim atlet junior berkuda Indonesia sedang bertanding di kejuaraan Asia di Thailand sewaktu gempa Cianjur terjadi,” tutur Euclia Purnama.

“Walau kami meraih medali perak untuk Indonesia, hati kami sedih mendengar berita banyaknya korban jiwa akibat bencana ini,” imbuhnya.

Duka korban gempa bumi Cianjur juga terasa dekat bagi Euclia. Sebab, salah seorang yang membantunya dalam berkuda turut menjadi korban dari musibah tersebut.

“Makanya saya pun semakin tergerak lebih untuk musibah ini,” ujar Euclia Purnama.

Euclia kemudian bergerak cepat dan mencari informasi daerah mana yang membutuhkan bantuan. Ada beberapa barang yang disalurkan, yakni susu,  makanan, makanan bayi, handuk, selimut, matras, minuman, obat, vitamin, dll.

Semua bantuan tersebut diberikan Euclia ke Posko Bencana Gasol. Dari lubuk hati yang terdalam, Euclia berharap apa yang sudah disalurkan bisa menjadi pelipur lara.

“Saya amat prihatin atas banyaknya korban jiwa anak-anak. Semoga orang tua yang kehilangan bisa diberi penghiburan. Semoga bantuan pemerintah dan swasta bisa sampai ke tujuan segera,” tutur Euclia Purnama.