Kejuaraan Catur Japfa 2019, Medina Kalahkan Wakil Unggulan Belanda

Sabtu, 15 Juni 2019 19:08 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pecatur asal Indonesia, Medina Warda Aulia, mampu mengalahkan pecatur asal Belanda, Ivan Sokolov pada kejuaraan catur internasional Japfa GM dan GMW 2019 di Yogyakarta pada Jumat malam (14/06/19).

Dilansir dari kanal berita olahraga Tempo, Medina yang memiliki peringkat Elo 2375 mampu menskak-mat Sokolov yang berelo lebih tinggi darinya, yaitu 2595 pada babak kedua kompetisi Japfa 2019.

Kemenangan wanita berusia 21 tahun tersebut tak lepas dari ketenangan dan langkah awal yang ia lakukan, yaitu Spanish Opening atau pembukaan Ruy Lopez. Pembukaan ini hanya bisa dilakukan oleh pemain yang memegang bidak putih dengan menjalankan pion e2 ke e4.

Menurut pengamat catur, Kristianus Liem, Medina memang bermain baik dan mampu mengimbangi permainan Sokolov walau lawannya memiliki Elo yang lebih tinggi darinya. Sokolov sendiri kalah pada langkah ke-54.

"Medina mampu mengimbangi Sokolov. Bahkan, langkah-langkahnya terlihat lebih meyakinkan. Sokolov sendiri justru terlihat tertekan setelah kemarin dikalahkan Susanto Megaranto," ujarnya.

Dengan kemenangan ini, Medina memiliki peluang untuk meraih norma Master Internasional ketiga di kejuaraan ini. Untuk mewujudkan hal tersebut, Medina harus mampu mengumpulkan tujuh poin dari 11 babak.

Medina sendiri telah meraih banyak penghargaan dalam cabang olahraga catur. Beberapa diantaranya adalah juara 1 The Best of The Best Catur 2012, Juara 1 Blitz Chess BIEL International Chess Championship, Swiss (2013), Juara 1 Kuala Lumpur International Open Chess Championship (2014), dan lain-lain.