Termasuk Catur, Deretan Olahraga Ini Pernah 'Dicap' Haram

Sabtu, 23 November 2019 14:49 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Crystal Spellman / EyeEm
Catur jadi salah satu olahraga yang pernah mendapat cap haram. Copyright: © Crystal Spellman / EyeEm
Catur jadi salah satu olahraga yang pernah mendapat cap haram.

INDOSPORT.COM - Sudah kita ketahui olahraga merupakan suatu aktivitas yang melibatkan pengerahan tenaga fisik dan pikiran yang dilakukan untuk melatih tubuh manusia, baik secara jasmani maupun secara rohani.

Tentunya banyak sekali macam jenis olahraga yang kita kenal, mulai dari yang ringan hingga olahraga ekstrem bertaruh nyawa.

Dari banyaknya jenis olahraga tersebut, ada beberapa olahraga yang pernah dicap haram oleh beberapa pihak atau tokoh ternama. Berikut adalah deretan olahraga yang sempat dicap haram, yang telah INDOSPORT kumpulkan.

Catur

Permainan yang dilangsungkan di atas papan yang terdiri dari 8 lajur dan 8 baris kotak/petak berwarna hitam dan putih (atau terang dan gelap) ini, belum lama mendapat komentar dari Ustaz Abdul Somad.

Ustaz yang kerap disapa UAS ini menyatakan bahwa permainan catur haram karena merupakan permainan yang mubadzir waktu. Pernyataannya tersebut viral setelah videonya yang sedang melakukan ceramah tersebut tersebar di publik.

“Boleh nggak mau main domino? Nah dalam mazhab Hanafi mengharamkan dadu dan catur, itu menghabiskan waktu,” ujar UAS dalam ceramahnya di channel youtube Teman Ngaji.

eSports

Sekarang kita buang dulu perdebatan soal eSports olahraga atau bukan, tapi kini sudah bermunculan atlet eSports profesional yang mampu mewakili Indonesia di ajang olahraga multi event, seperti SEA Games dan Asian Games.

Kita tentu masih ingat penembakan tidak manusiawi oleh teroris bersenjata lengkap yang terjadi di Selandia Baru. Hal tersebut ternyata berdampak panjang dan sempat mendorong Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, Rahmat Syafei, melakukan kajian terkait fatwa terhadap salah satu game eSports, yaitu PUBG.

Sebelumnya Lembaga Fatwa Negri Sembilan, Malaysia juga sedang mempertimbangkan rencana melarang game PUBG karena dianggap berdampak negatif pada anak-anak,

Sepak Bola

Sepak bola, merupakan olahraga yang paling populer di negeri ini. Tercatat Indonseia adalah negara penggila sepak bola nomor dua di dunia.

Namun bagi Ustaz Khalid Basalamah, hal tersebut bisa menjadi haram juga, lho! Penceramah yang sering tampil di televisi ini menuturkan alasan mengapa sepak bola bisa jadi haram.

Pertama, jika penggemarnya lebih memilih nonton bola ketimbang salat malam. Lalu yang kedua, jika bermain sepak bola tidak melihat waktu salat.

Ustaz yang lama di Arab Saudi ini pun menceritakan tradisi sepakbola di negara yang juga penduduknya banyak menganut Islam ini. Di Saudi, bermain sepak bola bahkan diberhentikan beberapa menit sebelum azan. Lalu semua pemainnya salat berjamaah.

Penulis: Ahmad Fatih Qadri