eSports

Ingin Bentuk Timnas Indonesia di eSports, PSSI Keluhkan Hal Ini

Rabu, 18 September 2019 17:08 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Terobosan baru tengah dicanangkan PSSI untuk masa depan sepak bola Indonesia, khususnya dalam pengembangan olahraga elektronik alias eSports. Pasalnya, saat ini federasi sepak bola tersebut tengah merancang hadirnya Tim Nasional Indonesia di cabang olahraga eSports, misalnya dalam game Pro Evolution Soccer (PES).

Adapun dalam rancangan tersebut, akan ada sejumlah pemain Timnas Indonesia yang muncul dan berseragam Merah Putih, dan memperkuat Timnas dalam sebuah laga internasional. Namun, wacana tersebut belum bisa direalisasikan lantaran ada beberapa kendala.

Perwakilan Creative & Brand Building PSSI Division, Muhammad Ramadhan mengakui jika kini belum ada turnamen resmi yang mempertandingkan tim eSports untuk mewakili Timnas sepak bola.

“PSSI itu ingin membentuk Timnas eSports, akan tetapi jalurnya ketika sudah jadi Timnas, akan dikemanakan, itu yang masih belum ada,” sebutnya, seperti dilansir dari laman resmi esports.id, Minggu (15/09/19) lalu.

“Untuk saat ini, yang skalanya besar sekelas eWorld Cup untuk eSports bola itu baru FIFA, setahu saya, itu juga saat ini masih diikuti oleh personal atau klub, seperti Eggsy dari RRQ, Kenny dari SFI, dan lain sebagainya,” tambah Muhammad Ramadhan lagi.

PSSI menegaskan jika pembentukan Timnas Indonesia di PES akan menjadi tugas federasi dalam beberapa waktu ke depan, namun Timnas bisa tampil di ajang internasional dengan membawa nama PSSI, bukan berasal dari individu.

“Kita maunya itu untuk jalur menuju ke ajang internasional lewat PSSI, ya memang untuk saat ini masih dalam tahap perancangan,” tukasnya.