eSports

PSSI Usul Klub Liga 1 Punya Divisi Esports

Rabu, 18 September 2019 15:37 WIB
Penulis: Martini | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Logo Liga 1 2019 Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga 1 2019

INDOSPORT.COM – Perhelatan Garuda Esports Tournament 2.0 telah selesai dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Minggu (15/09/19) kemarin. Salah satu perwakilan PSSI kemudian mengusulkan jika tim sepak bola Indonesia sebaiknya memiliki divisi eSports.

Berkaca dari sepak bola Thailand, di mana tim yang bermain di Thai League 1 wajib memiliki divisi eSports untuk game Pro Evolution Soccer (PES), dan setiap anggota bertanding mewakili masing-masing klub di Thai E-League Pro.

Federasi sepak bola tertinggi Tanah Air, PSSI pun mengusulkan agar kompetisi serupa juga bisa diterapkan di Indonesia. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Creative & Brand Building PSSI Division, Muhammad Ramadhan, seperti dilansir dari laman resmi esports.id.

“Jadi, di Indonesia ini kan belum pernah ada liga ataupun tim nasional, yang didalamnya ada gim eSports-nya. Soalnya, di Thailand sudah ada kompetisi gim PES yang mereka mainkan, dapat support langsung dari Konami, dan ada nama-nama pemain sepak bola Thailand di gim tersebut,” jelas Muhammad Ramadhan.

Selain mengusulkan adanya perkembangan eSports nasional melalui kontribusi dari klub sepak bola Liga 1, Muhammad Ramadhan mewakili PSSI juga berharap stigma negatif terhadap eSports bisa perlahan-lahan menurun hingga menjadi sebuah jenjang karir yang bagus.

“Keinginan kami itu, kedepannya eSports bisa jadi salah satu pilihan karir yang membanggakan, karena memang main gim itu tidak merusak hidup, ada karirnya dan masa depannya,” tukasnya.

Pada kompetisi Garuda Esports Tournament 2.0 yang diselenggarakan pada 14 dan 15 September 2019 lalu di GBK, PSSI secara resmi menyerahkan hadiah kepada sang juara dari gim FIFA 19, Chanks dan icanbutsky, dengan total hadiah mencapai angka Rp35 juta.