eSports

Catat! Ini Jadwal Kualifikasi dan Total Hadiah Piala Presiden eSports 2020

Senin, 14 Oktober 2019 13:21 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© Martin Gibsian/INDOSPORT
Piala Presiden eSports 2020. Copyright: © Martin Gibsian/INDOSPORT
Piala Presiden eSports 2020.

INDOSPORT.COM – Turnamen akbar Piala Presiden eSports 2020 telah resmi dibuka pada Minggu (13/10/19) di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. Pendaftaran peserta bisa diakses melalui web resmi dan dilanjutkan dengan babak kualifikasi.

Adapun dua game yang akan dipertandingkan dalam turnamen eSports terbesar di Indonesia itu adalah Free Fire dan Pro Evolution Soccer (PES) 2020. Tak hanya itu, pihak penyelenggara masih menyeleksi satu game lokal yang akan turut mendapat panggung di kompetisi musim ini.

Menariknya, meski bertajuk Piala Presiden eSports 2020, namun babak kualifikasi dijadwalkan akan dilangsungkan sejak tahun 2019. Tak hanya di Indonesia, turnamen ini juga merambah peserta dari Asia Tenggara, mulai dari Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Kamboja.

Kualifikasi nasional sendiri dilangsungkan dengan format dua wilayah, yakni Indonesia Timur dan Indonesia Barat, baik untuk game Free Fire maupun PES 2020

Untuk regional Timur meliputi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi, Jawa Timur, Bali, Lombok, Nusa Tenggara, Maluku, dan Irian Jaya.

Sementara regional Barat meliputi Sumatera, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

Kualifikasi final untuk Indonesia Timur akan dilangsungkan di Surabaya pada 11-12 Januari 2020, dilanjutkan dengan kualifikasi final dari Indonesia Barat akan dihelat di Bandung, 18-19 Januari 2020.

Kemudian, jawara dari kedua wilayah akan kembali beradu di babak Grand Final, termasuk para peserta terbaik dari negara lain di Asia Tenggara. Adapun laga final akan dihelat di Jakarta pada 1-2 Februari 2020 mendatang.

Pendaftaran untuk babak kualifikasi nasional cukup mudah, dengan ketentuan peserta harus berusia minimal 14 tahun saat melakukan registrasi.

Sementara untuk hadiah, pihak penyelenggara telah menyiapkan total hadiah sebesar Rp1,5 miliar dan pemenang dari tiap game akan mewakili Indonesia di turnamen eSports internasional.