eSports

Antusiasme Tinggi, eSports Ditargetkan Raih 3 Emas di SEA Games 2019

Rabu, 16 Oktober 2019 10:36 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Sekretaris Kemenpora RI, Gatot S Dewa Broto. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Sekretaris Kemenpora RI, Gatot S Dewa Broto.

INDOSPORT.COM - Dewasa kini, ajang olahraga modern bernama eSports tengah menunjukkan taringnya di Indonesia, bahkan Asia. Banyak anak muda yang mulai menggemari eSports, baik untuk sekadar mengisi waktu luang hingga menjadikannya sebagai profesi atau atlet eSports.

Tak mengherankan bila ajang olahraga eSports masuk ke dalam salah satu cabor di SEA Games 2019 Filipina mendatang. Antusiasme yang tinggi dari masyarakat muda Indonesia terhadap eSports membuat Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S. Dewa Broto memberikan target timnas eSports Indonesia.

"Kami kemarin langsung bertemu dengan Panitia Penyelenggara SEA Games Filipina 2019 tentang cabor yang akan dipertandingkan. Indonesia targetnya tiga medali emas dari esport," ungkap Gatot dilansir dari Antara.

Berbeda dengan Asian Games 2018, yang mana kala itu eSport hanya dijadikan sebagai pertandingan ekspedisi, di SEA Games 2019, esports akan masuk sebagai cabang prestasi.

Diketahui, akan ada enam nomor yang akan dipertandingkan dalam cabor eSports yakni Hearthstone, Tekken, Dota 2, StarCraft II, Mobile Legends: Bang Bang, dan Arena of Valor (AOV).

Disebutkan oleh Gatot bahwa Kemenpora akan mendukung penuh serta mengalokasikan anggaran untuk timnas eSport yang akan bertanding di SEA Games 2019.

Dirinya juga mengungkapkan, tim eSport yang meraih medali akan mendapatkan bonus yang sama seperti yang diberikan kepada cabang olahraga lainnya.

Dengan adanya eSport dalam cabang prestasi di SEA Games 2019, Gatot berharap hal ini akan menjadi langkah awal agar esport selalu dipertandingkan pada setiap pesta olahraga multi ajang internasional lainnya termasuk Asian Games 2022 di Hangzhou, China, dan Olimpiade 2032.