eSports

Ada Mobile Legends dan PUBG, Ini 4 Game eSports Mobile Terpopuler Tahun 2019

Sabtu, 28 Desember 2019 10:03 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Variety
Ada PUBG Mobile dan Mobile Legends, ini 4 game eSports terpopuler sepanjang tahun 2019. Copyright: © Variety
Ada PUBG Mobile dan Mobile Legends, ini 4 game eSports terpopuler sepanjang tahun 2019.

INDOSPORT.COM - Tahun 2019 menjadi saat-saat besar berkembangnya game eSports Mobile seperti PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) dan Mobile Legends. Berikut empat game eSports terpopuler sepanjang tahun ini.

Melihat kembali game eSports Mobile mulai kian digandrungi, terbukti dengan diadakannya berbagai turnamen dengan hadiah bisa mencapai jutaan US dollar atau bisa ditasfir miliaran rupiah.

Turnamen-turnamen ini tidak hanya menjadi ajang pertunjukan pemain atau tim eSports terhebat, melainkan juga menyedot banyak penonton karena saking menariknya.

Dilansir laman berita Guru Gamer, berdasarkan hal itu, setidaknya ada empat game eSports mobile yang menjadi sangat populer sepanjang tahun ini. Berikut portal berita INDOSPORT merangkum keempat game tersebut.

4. Mobile Legends

Game bergenre Mobile Online Battle Arena (MOBA) ini tergolong merupakan game eSports lawas yang telah dirilis tahun 2016 silam. Meski demikian euforia kepopulerannya masih terasa sampai sekarang khususnya pada wilayah Asia Tenggara.

Serupa DOTA 2 dan League of Legends (LOL) game ini mempertandingkan dua tim yang beranggotakan 5 gamers dengan tujuan utama menghancurkan base musuh.

Kepopuleran Mobile Legends bisa terlihat dengan diadakannya berbagai kompetisi internasional seperti Mobile Legends Profesional League (MPL) untuk tingkat regional, dan Mobile Legends World Championship (M1) untuk tingkat dunia.

3. Brawl Stars

Brawl Stars mungkin nama yang asing bagi gamers Indonesia, tapi pada kenyataannya game ini sangat populer di dunia. Dirilis dari pengembang Supercell tahun 2017 game ini mengusung genre tembak-tembakan.

Tujuan utama game ini ialah bertempur dengan menggunakan brawlers berbeda yang tentu dibekali kekuatan khusus berbeda pula. Tujuannya ialah untuk mengalahkan musuh dengan menembaki hingga health point menyentuh angka 0.

Tahun ini Brawl Stars sempat mengadakan kompetisi eSports bertajuk Brawl Stars World Championship pada Agustus 2019 lalu. Kompetisi yang dihelat di Korea Selatan ini berhadiah total 250 ribu US dollar (Rp3,4 miliar).

2. PUBG Mobile

Game ini sudah tidak diragukan lagi sangat populer sepanjang tahun ini. Sempat dirilis di PC, PUBG makin mantab hadir di platform mobile dan sempat menjadi game favorit sejuta umat.

Game bergenre battle royale inimengharuskan gamers untuk bertahan hidup dari para gamers lainnya. Nantinya terdapat beberapa senjata yang bisa dipilih tersebar dalam map, dan tentunya memiliki karakteristik tersendiri.

Saking terkenalnya PUBG Mobile pun sempat menyelenggarakan berbagai kompetisi eSports seperti PUBG Mobile Star Challange, PUBG Mobile Indonesia National Championship (PINC) dan masih banyak lagis dengan hadiah ditasfir hingga ratusan ribu US dollar atau miliaran rupiah.

1. Free Fire

Tanpa diduga-duga, game ini mampu mengalahkan PUBG Mobile dalam tingkat kepopuleran di dunia. Memiliki genre sama yakni battle royale, Garena Free Fire terbukti lebih unggul dalam hal jumlah pemain.

Meski memiliki genre sama, Free Fire dianggap merupakan game paling bersahabat bagi gawai spesifikasi rendah sehingga mampu mengalahkan PUBG dalam hal jumlah pemain.

Tak heran pangsa pasar Free Fire tergolong tinggi yakni bisa mencapai 1 miliar US dollar (Rp13 triliun). Tentu saja game besutan Garena ini juga memiliki banyak turnamen menarik dengan hadiah tidak sedikit sebut saja Free Fire League, Free Fire SEA Championship, SOFA 2019, dan masih banyak lagi.