eSports

Artis Indonesia Keranjingan Bentuk Tim eSports, Mengapa?

Sabtu, 11 Januari 2020 19:39 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© NOAH Media Network/Official Site/noah-site.com
Artis Indonesia keranjingan bentuk tim eSports, termasuk Ariel Noah dan Giring Nidji. Ini alasan di balik keputusan mereka. Copyright: © NOAH Media Network/Official Site/noah-site.com
Artis Indonesia keranjingan bentuk tim eSports, termasuk Ariel Noah dan Giring Nidji. Ini alasan di balik keputusan mereka.

INDOSPORT.COM – Memasuki tahun 2019 hingga 2020, semakin banyak figur publik yang terjun ke dunia eSports, baik sebagai pemain, pemilik klub, hingga penyelenggara turnamen. Mengapa fenomena ini kian marak di Indonesia?

Sebut saja Reza Arap Oktovian yang meninggalkan dunia Youtube dan membentuk tim We Against the World (WAW eSports). Ia juga membuat sebuah eSports Center bernama Tokyo Gaming Space di akhir tahun 2019 lalu.

Selanjutnya, Youtuber dan konten kreator Edho Zell baru-baru ini juga merilis tim eSports teranyar, yakni Space eSports yang berpusat di Tangerang. Saat ini ia dan tim masih melakukan scouting atau seleksi untuk mencari sejumlah pemain berkualitas.

Menyusul, musisi kenamaan Indonesia, Ariel Noah juga meresmikan tim eSports miliknya, The Pillars pada Minggu (05/01/20) lalu. Saat ini, tim tersebut sudah memiliki divisi Free Fire, dan masih akan membentuk banyak divisi lainnya.

Ariel Noah mengikuti jejak pendahulunya, Giring Ganesha alias Giring Nidji yang terlebih dahulu terjun ke dunia eSports, meski ia justru aktif sebagai anggota IESPL dan penyelenggara Piala Presiden eSports.

Setidaknya, ada sejumlah alasan yang membuat banyak artis Indonesia memilih untuk terjun ke dunia eSports di awal tahun 2020 ini.

Alasan pertama, tentu saja keuntungan materi, mengingat eSports adalah industri baru yang tak hanya menjanjikan untuk jangka panjang, namun juga memiliki pangsa pasar luas di level nasional dan internasional.

Indonesia adalah salah satu pasar eSports paling besar, serta memiliki sponsor yang tak tanggung-tanggung dalam memberikan sokongan, sehingga input yang didapat pun juga sangat besar.

Selain mengincar keuntungan materi, sejumlah artis Indonesia yang terjun ke dunia eSports tentu saja ingin mendapat panggung baru. Pasalnya, industri musik dan kreatif saat ini memiliki persaingan yang berat dengan para artis pendatang baru.

Namun, cukup banyak pemain eSports yang justru menjadi terkenal dan akhirnya mengemban tugas sebagai figur publik, sehingga dengan beralihnya para artis ke dunia eSports, mereka kembali memiliki panggung dan penggemar yang tak kalah loyal.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%