eSports

Rekap Akhir Bursa Transfer MPL Indonesia Season 5 (Part 2)

Sabtu, 8 Februari 2020 11:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Martin Gibsian/INDOSPORT
Pembukaan turnamen Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia season 5 di MPL Arena, Kamis (30/01/20). Copyright: © Martin Gibsian/INDOSPORT
Pembukaan turnamen Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia season 5 di MPL Arena, Kamis (30/01/20).

INDOSPORT.COM – Setelah membahas rekapitulasi akhir dalam proses bursa transfer pemain jelang kompetisi MPL Indonesia season 5 part 1, kali ini INDOSPORT menuntaskan rekap akhir bursa transfer terhadap empat tim eSports lainnya di part kedua.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, kompetisi Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia season 5 telah dilangsungkan mulai Jumat (07/02/20) lalu. MPL Indonesia season 5 masih akan diikuti oleh delapan tim dengan sedikit perubahan roster atau pemain.

Ya, terdapat beberapa pemain yang datang dan pergi, berpindah dari satu tim ke tim lainnya, atau promosi dari tim akademi menuju kompetisi MPL yang sesungguhnya. Berikut ini merupakan daftar lengkap bursa transfer pemain jelang MPL Indonesia season 5.

Aura eSports

Pada MPL Indonesia season 4 lalu, Aura eSports berhasil finish di peringkat keempat klasemen akhir, dan musim ini mulai mengusung target anyar untuk setidaknya melaju ke babak final MPL Indonesia season 5.

Untuk itu, Aura eSports melepas Yam, Alive dan Ichsan, untuk digantikan dengan tiga pemain di posisi core dan support, yakni Susugajah, God1va, dan Greg. Musim ini, komposisi pemain masih tetap ramping dengan hanya mempertahankan Phoenix, Darkness dan Clover.

Aura eSports juga mengevaluasi hasil musim lalu dengan menunjuk Coach baru, yakni Stewart. Meski di match pekan pertama Aura harus tumbang dari ONIC eSports, namun ada warna yang berbeda dari permainan tim Naga tersebut.

Alter Ego

Tak banyak perombakan yang dilakukan tim Alter Ego musim ini, sebab meski hanya berstatus sebagai pendatang anyar dan tanpa didampingi pelatih, namun Alter Ego mampu finish di posisi ketiga klasemen akhir MPL Indonesia season 4 lalu.

Alter Ego hanya melepas Arss yang minim kontribusi di season sebelumnya, dan menggantikan dengan Yam yang merupakan eks pemain Aura eSports. Sederet pemain musim lalu akan tetap menjadi andalan, yakni Celiboy, Caesius, Leomurphy, Rmitchi, dan Maungzy.

Alter Ego juga menunjuk Chester untuk menjadi pelatih, lantaran pada musim sebelumnya, tim kuda hitam ini sulit untuk mengalahkan tim andalan seperti Rex Regum Qeon (RRQ) karena belum ada evaluasi dan strategi dari pelatih.

Rex Regum Qeon (RRQ)

RRQ menatap kompetisi musim ini dengan serius, dengan harapan mampu mengulang kejayaan dan menjadi juara MPL Indonesia season 5. Sederet pemain musim lalu langsung dilepas, seperti Ayamjago, Xin, Liam, Rave dan Billy, bahkan sang pelatih, Acil juga tak lagi berkostum RRQ.

Menariknya, tim berjuluk Sang Raja itu hanya merekrut Wizzking untuk menutupi posisi core, sehingga skuat andalan musim lalu akan tetap mendominasi, yakni Lemon, Vyn, Tuturu, LJ, dan R7.

RRQ juga menunjuk James Chen untuk menjadi pelatih anyar, dengan target mampu membawa pulang trofi MPL musim ini, dan tampil lebih baik di kejuaraan dunia seperti Mobile Legends World Championships 2020.

EVOS eSports

Salah satu transfer paling mengejutkan di MPL Indonesia season 5 adalah keputusan Oura untuk rehat dari dunia kompetitif. Oura sendiri merupakan pemain kunci yang membawa EVOS eSports juara MPL Indonesia season 4 lalu, dan menjadi MVP Mobile Legends M1 2019 di Malaysia.

Selain Oura, EVOS eSports juga melepas Zunz dan Four, dan menarik pemain muda dari akademi mereka sendiri, yakni Rexxy, Vinss dan Bajan, serta merekrut Buts untuk melengkapi posisi core.

Alhasil, roster EVOS eSports musim ini masih didominasi oleh pemain berpengalaman musim lalu, yakni Luminaire, Donkey, Rekt, dan juga Wannn. Pelatih Bjorn ‘Zeys’ Ong juga masih akan tetap menukangi tim musim ini.