eSports

Terkuak! Sesmenpora Sebut Anggaran untuk Piala Presiden eSports 2020 adalah Rp0

Selasa, 11 Februari 2020 09:21 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Martini/INDOSPORT
Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto menyampaikan pujian untuk penyelenggaraan Piala Presiden eSports. Copyright: © Martini/INDOSPORT
Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto menyampaikan pujian untuk penyelenggaraan Piala Presiden eSports.

INDOSPORT.COM - Perhelatan final Piala Presiden eSports 2020 memang telah usai. Namun, sambutan dan pujian masih terus dilontarkan oleh berbagai pihak, termasuk salah satunya adalah Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Sebagaimana diketahui, Indonesia sukses menggelar Piala Presiden eSports 2020 untuk skala Asia Tenggara, dan babak grand final telah dilangsungkan di ICE BSD pada Sabtu dan Minggu, 1-2 Februari 2020 lalu.

Dari dua game yang dipertandingkan, Vietnam berhasil keluar sebagai juara dari game Free Fire dan eFootball Pro Evolution Soccer (PES). Sementara Indonesia hanya meraih posisi runner up sekaligus Most Valuable Player (MVP).

Selain dari sisi prestasi, gelaran Piala Presiden eSports 2020 juga fantastis dari sisi jalannya acara. Sehingga, Sesmenpora, Gatot S. Dewa Broto pun menyampaikan pujian kepada Giring Ganesha dkk selaku penyelenggara kegiatan.

"Setahun yang lalu saat Piala Presiden pertama, mereka itu masih butuh bantuan Kemenpora untuk membiayai sewa venue di GBK," papar Gatot S. Dewa Broto saat ditemui di kawasan GBK, Senin (10/02/20).

"Tetapi kali ini, tempatnya juga tahun ini di ICE BSD, dengan ongkos biaya yang lebih tinggi, satu sen pun mereka tidak mengganggu Kemenpora," tambahnya.

Pihak Kemenpora pun kian menyambut antusiasme eSports di Tanah Air, dan mendukung Indonesia untuk menjadi tuan rumah di kompetisi level dunia, termasuk salah satunya di ajang Free Fire Champions Cup 2020 pada bulan April mendatang.

"Itu menunjukkan betapa eSports itu menjadi daya tarik. Kami hanya berperan untuk membawa Pak Menpora untuk hadir," pungkas Sesmenpora.

Untuk selanjutnya, Kemenpora bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkolaborasi untuk mengembangkan sports tourism di Indonesia, salah satunya adalah dengan menggelar kompetisi eSports berskala internasional.