eSports

Mengenal Rizal ‘Ivander’ Danyarta, Gerbang Pembuka Pemain Indonesia di Liga Thailand

Rabu, 19 Februari 2020 19:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Potensi pemain eSports asal Indonesia sudah diakui oleh dunia. Bahkan, cukup banyak tim Thailand yang merekrut pemain Tanah Air, khususnya dari nomor eFootball Pro Evolution Soccer (PES).

Membahas perkembangan pemain PES Indonesia di Thailand, nampaknya tak akan lepas dari sosok pemain eSports asal Solo berikut. Ia adalah Rizal Danyarta, pemilik nickname ‘Ivander’ yang sudah memperkuat tim eSports BG Pathum United selama dua musim terakhir.

Rizal ‘Ivander’ Danyarta merupakan pemain PES pertama asal Indonesia yang berkiprah di Thai e-League Pro, kompetisi PES untuk tim sepak bola Thailand, yang mempertandingkan nomor 1v1 dan 3v3.

Pada musim 2019 lalu, Rizal Danyarta mengadu nasib di Thailand bersama pemain PES asal Indonesia lainnya, yakni Adyatma ‘Qwa’ Priady, dan bersama-sama membawa BG Pathum meraih peringkat ketiga di klasemen akhir.

Selain berprestasi di level klub, Rizal ‘Ivander’ juga menorehkan prestasi di nomor individu, yakni meraih gelar top skorer Thai e-League Pro 2019. Pencapaian ini membuktikan jika pemain eSports Indonesia juga bisa berprestasi di negara tetangga.

Melihat potensi tersebut, musim ini kian banyak pemain PES Indonesia yang mengadu nasib ke Thailand dan memperkuat klub di Thai e-League Pro 2020. Setidaknya ada lima pemain anyar yang tersebar di berbagai klub, termasuk salah satunya adalah Rizky ‘Zeus’ Faidan.

“Ini tahun kedua saya main di Liga Thailand, tahun kemarin saya bareng Ady Qwa, cuma berdua. Tahun ini, mulai banyak pemain-pemain Indonesia yang masuk di Liga Thailand, totalnya ada tujuh orang,” ungkap Rizal Ivander eksklusif kepada awak media INDOSPORT.

Maraknya pemain Indonesia yang berkompetisi di Liga PES Thailand, Rizal Ivander mengaku senang karena memiliki rekan seperjuangan. Namun, ia juga tetap berlaku profesional kala harus berhadapan dengan pemain Indonesia lainnya.

“Kalau ada adu gengsi, menurut saya pasti ada, soalnya di sini kemenangan adalah segalanya. Mau kita lawan pemain Indonesia atau tidak, profesionalitas paling pertama,” tambah pemain eSports berusia 26 tahun tersebut.

Rizal ‘Ivander’ Danyarta telah membuktikan kualitasnya sebagai salah satu pemain PES terbaik asal Indonesia. Selain menjuarai berbagai kompetisi lokal, penggemar tim Arsenal itu juga sempat membawa BGPU juara di ajang  Co-Op GSB International E Cup Championship PES 2020 bersama Adhie Qwa mengalahkan duet kelas dunia dari Jerman (Christopher Maduro) dan Belanda (eldrige O'Neill).