eSports

UNBK Dihapus karena Virus Corona, Wonderkid PES Indonesia Akui Tak Masalah

Rabu, 25 Maret 2020 17:59 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Martin Gibsian/INDOSPORT
Pemain Pro Evolution Soccer (PES) asal Indonesia, Rizky Faidan selangkah lagi gabung tim eSports Thailand, ia berambisi untuk bermain di Thai e-League Pro 2020 mendatang. Copyright: © Martin Gibsian/INDOSPORT
Pemain Pro Evolution Soccer (PES) asal Indonesia, Rizky Faidan selangkah lagi gabung tim eSports Thailand, ia berambisi untuk bermain di Thai e-League Pro 2020 mendatang.

INDOSPORT.COM - Pandemi virus Corona di Indonesia memiliki dampak yang sangat luas, termasuk di dunia pendidikan. Bahkan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memutuskan untuk menghapuskan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2020.

Sejatinya, UNBK tingkat SMA/MA akan segera dilangsungkan mulai Senin (30/03/20) nanti, namun pemerintah masih memberlakukan physical distancing atau jaga jarak, guna menekan angka persebaran virus Corona. Pemerintah juga mengkampanyekan agar masyarakat tetap berada di rumah saja.

Akhirnya, Mendikbud Nadiem Makarim pun memutuskan untuk menghapuskan UNBK mulai dari tingkat SMA, SMP dan SD untuk tahun 2020 ini. Anggaran Ujian Nasional langsung dialihkan untuk memerangi virus Corona alias Covid-19. Aksi ini tentu mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Salah satunya, atlet eSports Indonesia yang kini tengah berkarier sebagai pemain PES untuk klub Buriram United di Liga Thailand, yakni Rizky 'Zeus' Faidan. Pemuda 17 tahun itu mendukung penuh keputusan Mendikbud untuk menghapuskan UNBK, sebab saat ini ia sendiri tengah duduk di bangku kelas 3 SMA.

"Iya nggak jadi UNBK. Saya sih nggak gimana-gimana, setuju saja, soalnya daripada ribet-ribet lagi. Saya tim hore aja," ucap Rizky Faidan sembari tertawa, saat dihubungi awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Sebelumnya, Rizky Faidan bahkan harus bertolak ke Thailand di setiap pekannya, untuk membela tim Buriram United di kompetisi Thai e-League Pro 2020, kompetisi PES bagi tim sepak bola di Liga Thailand. Ia juga langsung kembali ke Indonesia untuk mempersiapkan diri menghadapi UNBK 2020.

Dengan dihapuskannya UNBK 2020, pelajar di SMA Negeri 16 Bandung itu mengaku bisa fokus mengikuti Ujian Sekolah, di samping melanjutkan karirnya sebagai atlet PES profesional. Saat ini, kompetisi Thai e-League Pro 2020 masih dalam masa jeda menuju putaran kedua.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%