eSports

Esports X Football, Adu Jago Para Atlet eSports Kontra Pesepak bola Profesional

Selasa, 7 April 2020 00:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Media Esports X Football
Ketua harian Indonesia Esports Association (IESPA), Ibnu Riza, memprakarsai satu kegiatan yang bertajuk Esports X Football. Copyright: © Media Esports X Football
Ketua harian Indonesia Esports Association (IESPA), Ibnu Riza, memprakarsai satu kegiatan yang bertajuk Esports X Football.

INDOSPORT.COM - Virus Corona atau COVID 19 masih menjadi kekhawatiran bagi masyarakat Indonesia. Berbagai sektor terkena imbas dari pandemi yang mendadak datang di akhir tahun kemarin ini.

Ranah eSports pun terkena dampaknya. Banyak aktivitas harus dialihkan dari kegiatan on the spot menjadi online. Acara-acara besar beberapa game ternama di Indonesia seperti Free Fire Indonesia Master (FFIM), PUBG MOBILE Professional League (PMPL), serta Mobile Legends Premiere League (MPL) mesti diubah kemasannya. 

Beruntung, video game serta infrastruktur yang sudah sangat mendukung dari segi koneksi internet dan pengelola game sendiri dapat menghibur serta menemani kawula muda sehingga betah di rumah sembari menikmati pertandingan menarik.

Banyak gerakan yang telah dilakukan ranah eSports untuk melawan virus corona, seperti penggalangan dana. Beberapa titel game juga mengadakan kompetisi online dengan tujuan menekan angka penyebaran virus sekaligus menghibur penikmat eSports selama menjalankan program social distancing dan berdiam di rumah.

Figur serta institusi di ranah eSports pun turun untuk melawan virus corona. Ketua harian Indonesia Esports Association (IESPA), Ibnu Riza, menggagas satu kegiatan bertajuk Esports X Football. 

Ibnu Riza juga berinisasi untuk mengundang para pesepak bola nasional untuk berbaur bersama sesuai anjuran World Health Organization (WHO), yakni bermain gim sebagai hiburan saat menjalani isolasi diri di rumah untuk mencegah penularan virus corona. 

Nama-nama pesepak bola nasional juga turut serta dalam fun match ini antara lain Hamka Hamzah, Bagus Kahfi, Bagas Kaffa, Rizky Pora, Diego Michiels, dan Ricardo Salampessy. Game yang dimainkan adalah game PUBG Mobile.

“Senang sekali bisa memfasilitasi pelaku eSports bersama atlet sepak bola di pertandingan. Ternyata eSports adalah olahraga yang digemari oleh praktisi olahraga lain, bahkan termasuk kegiatan rutin mereka di waktu senggang,” ujar Ibnu Riza.

Mantan pemain bertahan timnas Indonesia yang kini berseragam Persita Tangerang, Hamka Hamzah, tak ketinggalan memberikan komentar terkait event eSports ini. 

“Kesannya seru dan yang paling utama bisa bermain bersama pemain-pemain pro dan pengurus PUBG di Indonesia. Dulu game itu dilarang, sekarang disayang. Stay at home.” tandas Hamka Hamzah.

Menariknya, pemain kembar timnas U-19, Bagas dan Bagus, juga memiliki nama serupa dengan atlet PUBG Mobile profesional Indonesia asal tim Bigetron, Bagas “Zuxxy” dan Bagus “Luxxy”. Mereka menyampaikan ingin kesampaian “menyicipi” bermain bersama langsung dengan duo kembar.

Sampai saat ini, pertandingan yang diusung atas prakarsa Ibnu Riza dan Andrew Tobias ini telah ditonton sebanyak 13.000 kali dan diikuti 350 peserta pecinta PUBG Mobile. Ke depannya  ada rencana melibatkan atlet nasional cabor lain untuk dipertemukan dengan eSports.