eSports

Pandemi Corona Buat Industri eSports Makin Berkembang

Rabu, 29 April 2020 01:31 WIB
Penulis: Ester Marika | Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Daya pikat game eSports nampaknya semakin hari semakin kuat. Terlebih lagi, game eSports terus naik daun semenjak adanya pandemi virus Corona ini. 

Tidak terkecuali tim NBA terbaik, San Francisco Shock yang terpikat untuk beralih ke dunia eSports. Tim basket unggulan ini juga terkenal sebagai tim eSports yang berjuluk ESPN setelah memenangkan turnamen eSports Overwatch 2019 . 

Sebagai informasi, Overwatch adalah game eSports berbasis multiplayer tim dan bergenre first-person shooter (FPS). Game ini dikembangkan oleh Blizzard Entertainment dengan beragam karakter hero yang bisa dimainkan untuk melawan musuh. 

Salah satu anggota tim Shock, Matthew "Super" DeLisi mengaku jika semua rencana perjalanannya batal dan latihan yang biasanya dilakukan langsung dilapangan kini malah dilakukan secara online.

“Kami harusnya berangkat ke Cina, Korea, Paris, London tapi sayangnya harus batal, jadi kami malah bertanding online sekarang," curhat Super.

Kegiatan yang dilakukan Super ini secara tidak langsung mempengaruhi jumlah peningkatan penonton selama masa pandemi Corona.

Bahkan, Twich melaporkan jumlah penonton tayangan streaming melonjak dua kali lipat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 2,8 juta penonton. Super juga memberitahu alasannya beralih menyibukkan diri di dunia olahraga elektronik.

"Dengan dilarangnya semua kegiatan olahraga di lapangan, maka orang berusaha mencari pengganti kekosongan tersebut, dan saya pikir Esports adalah kegiatan yang tepat untuk dilakukan," jelasnya.

Mengingat Shock mulai di kenal di jagat eSports, sepertinya mereka butuh membentuk fanbase baru untuk mendukung mereka di turnamen-turnamen mendatang.