eSports

3 Prestasi eSports Indonesia yang Tenggelam Gara-gara Ramai Skandal Ericko Lim

Selasa, 21 Juli 2020 14:52 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Media Officer RRQ
Hebohnya kabar skandal pro player EVOS Ladies, Listy Chan, dengan Ericko Lim membuat sejumlah kabar pencapaian dunia eSports di Indonesia menjadi tenggelam. Copyright: © Media Officer RRQ
Hebohnya kabar skandal pro player EVOS Ladies, Listy Chan, dengan Ericko Lim membuat sejumlah kabar pencapaian dunia eSports di Indonesia menjadi tenggelam.

INDOSPORT.COM - Hebohnya kabar skandal pro player MLBB EVOS Ladies, Listy Chan, dengan youtuber Ericko Lim. membuat sejumlah kabar pencapaian dunia eSports di Indonesia menjadi tenggelam. 

Jagat eSports Indonesia belum lama ini dihebohkan dengan kabar skandal pro player MLBB EVOS Ladies, Listy Chan, dengan youtuber Ericko Lim. 

Sebagaimana diketahui, Listy Chan adalah pemain MLBB EVOS Ladies. Prestasinya di turnamen eSports juga patut diperhitungkan, usai terjun di Female eSports League (FSL).

Namun beberapa waktu terakhir, Listy Chan terlibat skandal dengan Youtuber Ericko Lim, bahkan disebut-sebut menjadi penyebab putusnya hubungan Ericko Lim dan Jessica Jane.

Listy bahkan harus menutup akun media sosial lantaran mendapat banyak hujatan netizen. Tentu saja, akun EVOS eSports dan brand yang mendukung Listy juga tak luput dari serbuan warganet.

Hal ini patut disayangkan lantaran tren eSports di Indonesia saat ini tengah positif. Gara-gara skandal Ericko Lim-Listy Chan, sejumlah prestasi yang dituai perwakilan eSports Tanah Air pun seakan menjadi tenggelam. Apa saja itu? Berikut ulasannya. 

1. Euforia Sesaat RRQ di MPL Invitational 

Tim eSports asal Indonesia, RRQ Hoshi, belum lama ini meraih trofi juara Mobile Legends Professional League (MPL) Invitational - 4 Nation Cup, Minggu (05/07/20).

MPL Invitational adalah ajang eSports multinasional sebagai pengganti ajang Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) 2020 yang batal digelar akibat pandemi virus Corona. Namun, MPLI hanya diikuti empat negara saja.

Prestasi ini jelas sangat membanggakan. Sebagai kampiun MPL Indonesia season 5, Rex Regum Qeon (RRQ) langsung mendapat tiket menuju babak playoff. Sehingga, tim besutan James Chen itu memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan.

Sayang, euforia kemenangan RRQ cuma seakan cuma sesaat karena di dalam negeri, pro player eSports dari game yang sama malah terlibat skandal memalukan. Berita RRQ juara pun seketika tenggelam. 

Andrian Pauline atau akrab disapa RRQ AP, menyayangkan tragedi yang mencoreng komunitas eSports ini. Menurutnya, ada banyak hal yang bisa diangkat sebagai bahan berita, daripada sebuah skandal.

"Sensasi lebih dihargai dibanding prestasi. Kemarin saya sempat ngobrol sama Donkey, saya bilang, kamu juara dunia, reaksinya sampai segini nggak sih, dia bilang enggak," ujar AP dalam tayangan Revival TV.

"RRQ kan sering bawa Merah Putih juara dunia, itu merupakan kebanggaan buat semua pecinta eSports di Tanah Air. Tapi melihat responsnya, kok lebih besar yang ini," tambahnya.

2. Banyak Pemain Kelas Dunia Tenggelam

Ketimbang Listy Chan dan Ericko Lim, seharusnya Lemon RRQ harus mendapat perhatian khusus di jagat eSports Tanah Air. Selain Lemon RRQ, Donkey yang pernah juara dunia dari tim EVOS juga lebih layak dapat sorotan. 

Tak sampai satu bulan lalu, divisi Mobile Legends RRQ Hoshi juga baru saja mengangkat trofi juara MPL Invitational - 4 Nation Cup, menaklukkan tim eSports dari empat negara Asia Tenggara.

"Komunitas eSports jadi tercoreng, padahal yang bagus banyak kan, ada yang baru juara, RRQ atau Indopride. Banyak hal yang bisa diberitakan, tapi yang diangkat malah kisah selingkuh dan videonya disebar-sebar," kata AP.

Alangkah lebih baiknya Listy Chan dan Ericko Lim meminta maaf secara terbuka karena telah mencoreng dunia eSports Tanah Air dan agar kejadian serupa tak terulang.