eSports

ESports Piala Menpora 2020 Bergulir Akhir Agustus

Jumat, 31 Juli 2020 00:01 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Yosef Bayu Anangga
© INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali menyambut baik rencana perhelatan eSports Piala Menpora RI 2020. Copyright: © INDOSPORT
Menpora Zainudin Amali menyambut baik rencana perhelatan eSports Piala Menpora RI 2020.

INDOSPORT.COM - Menpora Zainudin Amali menyambut baik rencana perhelatan eSports Piala Menpora RI 2020. Baginya hal ini merupakan upaya pemerintah untuk terus menghidupkan cabang olahraga yang semakin digandrungi anak muda.

Kompetisi eSports Piala Menpora 2020 sendiri akan digelar mulai akhir Agustus.

Menyambut momen perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-75, Haornas 9 September, dan Kesaktian Pancasila 1 Oktober, serta di tengah situasi pandemi yang sedang melanda, diharapkan eSports dapat menjadi sebuah pilihan untuk terus menggelorakan semangat kebangsaan.

"ESports merupakan bagian dari olahraga yang terus beradaptasi dengan perkembangan dunia dan semakin terhubung secara digital. Di tengah kondisi pandemi, generasi muda Indonesia dengan penuh semangat tetap bisa berkarya dan meraih prestasi melalui eSports," kata Zainudin Amali.

Sementara itu, penyelenggara eSports Piala Menpora 2020, Giring Ganesha, menyebut bahwa kompetisi eSports Piala Menpora RI kali ini menjadi inisiatif Kemenpora RI yang unik karena pesertanya para atlet dari siswa SMP, SMA, dan mahasiswa perguruan tinggi.

"Piala Menpora eSports ini uniknya adalah pertandingan yang mewakili SMP, SMA, dan kuliah. Ini 100% inisiatif Pak Zainudin, tetap dirancang tidak ada off air, semua melainkan dengan online yang bertujuan bahwa di situasi seperti ini tetap menjaga protokol kesehatan," jelasnya. 

Adapun target sasarannya adalah mencapai 10.000 atlet dengan lebih dari 2.000 tim. Pendaftaran digelar dari 1 Agustus, kickoff 17 Agustus, pertandingannya sendiri dimulai akhir Agustus, dan final pada 3-4 Oktober 2020.

Dengan gelaran ini diharapkan muncul atlet-atlet muda baru agar pada saatnya nanti dapat melaju pada event-event eSports besar di tingkat regional maupun internasional.