eSports

Meski Diblokir di India, PUBG Mobile Masih Untung 52 Triliun Rupiah

Sabtu, 12 September 2020 17:14 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Opindia
Meski Diblokir di India, PUBG Mobile Masih Untung 52 Triliun Rupiah Copyright: © Opindia
Meski Diblokir di India, PUBG Mobile Masih Untung 52 Triliun Rupiah

INDOSPORT.COM - Saat ini, game PUBG Mobile nampaknya secara resmi sudah diblokir dan tidak bisa beroperasi di India. Namun, game battle royale tersebut masih memiliki keuntungan 52 triliun rupiah.

India mengambil langkah tegas dan secara resmi telah melarang PUBG Mobile dimainkan di wilayah mereka. Tak hanya itu, 117 aplikasi dari China secara resmi juga telah dilarang oleh Kementerian Informasi dan Teknologi India pada Rabu (2/9/20).

Langkah yang diambil oleh Kementerian Informasi dan Teknologi ini menyusul ketegangan politik yang terjadi antara India dan China. Seperti diketahui, konflik antara kedua negara memanas dalam beberapa waktu terakhir.

Kendati demikian, game populer besutan Tencent, PUBG Mobile, kian gencar meraup pemasukan. Lembaga riset Sensor Tower menyebutkan bahwa game battle royale itu berhasil meraih pendapatan sebanyak 3,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 52,3 triliun.

Angka tersebut merupakan akumulasi dari pendapatan game PUBG Mobile dan game "kembarannya" di China, Game for Peace, terhitung sejak waktu pertama perilisan game hingga Juli 2020.

PUBG Mobile memang dikenal sebagai salah satu game mobile terpopuler. Tercatat dalam kurun waktu 72 hari terakhir saja, game battle royale ini sukses mendulang untung hingga 500 juta dollar AS (Rp 7,4 triliun).

Alhasil,  Sensor Tower pun menyebut PUBG Mobile sebagai game mobile "paling menguntungkan di dunia", meskipun di tengah persaingan dengan game sejenis seperti Fortnite dan Call of Duty Mobile.

Berdasarkan laporan sebelumnya dari Sensor Tower, sepanjang tahun ini, selama periode 1 Januari hingga 13 Agustus 2020, PUBG Mobile duduk di puncak daftar game battle royale berpenghasilan terbesar, dengan pendapatan 1,6 miliar dollar AS (sekitar Rp 23,9 triliun).

Hingga saat ini, PUBG Mobile telah mengumpulkan angka download sebanyak 770 juta. Sebagai negara dengan pemain PUBG Mobile terbanyak, India menyumbang 185,5 juta unduhan atau sekitar 24 persen.

Namun, India hanya menyumbang 1,2 persen dari total pendapatan PUBG Mobile, sebagaimana diberitakan oleh beberapa media di India, Belakangan game ini juga diblokir di sana karena persoalan konflik dengan China.