eSports

Rizal 'Ivander' Persija Ungkap Perbedaan Fans Indonesia dan Thailand

Selasa, 10 November 2020 13:18 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pro player PES Persija Jakarta eSports, Rizal 'Ivander' Danyarta mengungkap perbedaan fans Indonesia dan pengalamannya membela tim Liga Thailand. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pro player PES Persija Jakarta eSports, Rizal 'Ivander' Danyarta mengungkap perbedaan fans Indonesia dan pengalamannya membela tim Liga Thailand.

INDOSPORT.COM - Pro player PES Persija Jakarta eSports, Rizal 'Ivander' Danyarta mengungkap perbedaan fans Indonesia dan pengalamannya membela tim Liga Thailand.

Rizal 'Ivander' membawa Persija Jakarta melaju ke babak grand final Indonesian Football e-League (IFeL) 2020, bahkan ia finish sebagai runner up regular league.

Indonesian Football e-League (IFeL) adalah kompetisi eSports pertama yang diikuti oleh tim sepak bola Liga 1, dan memainkan game populer Pro Evolution Soccer (PES).

Sebelumnya, Rizal berkarir di tim eSports Bangkok Glass Pathum United, klub sepak bola Thailand yang juga mengikuti kompetisi PES Thai e-League Pro, di mana Rizal keluar sebagai top skorer dua musim berturut-turut.

Rizal pun mengakui adanya perbedaan cara fans Indonesia dan fans Thailand dalam mendukung tim favoritnya di kompetisi PES.

"Kalau suporter Thailand, kita mau kalah atau menang tetapi di-support. Waktu kita kalah, mereka naikin semangat kita, biar di match selanjutnya mental kita naik, percaya diri."

"Fans Indonesia terlalu banyak komentar di sosmed, mereka dukung enggak, mungkin nonton pertandingan juga enggak, lihat hasil aja. Kalau kalah, mereka malah jatuhin kita."

Meski demikian, Rizal 'Ivander' juga mengaku terkesima dengan besarnya antusiasme fans Persija Jakarta atau The Jakmania, yang memberi motivasi untuknya saat terpuruk.

Dengan demikian, Rizal 'Ivander' pun berjanji untuk memberikan yang terbaik di grand final IFeL 2020, dan ingin membuktikan jika ia layak mengangkat trofi juara di Indonesia.

Saksikan perjuangan Rizal 'Ivander' bersama Persija Jakarta di babak grand final, hari Sabtu dan Minggu, 14-15 November nanti, live streaming dari Youtube dan Facebook Indonesian Football e-League (IFeL).