eSports

Sandiaga Uno Yakin eSports Bisa Bangkitkan Perekonomian Selama Pandemi Covid-19

Sabtu, 14 November 2020 12:33 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menyakini bahwa olahraga eSports berpotensi membangkitkan perekonomian Indonesia.

Sandiaga yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Pengurus Besar eSport Indonesia (PB ESI) menyatakan cabang olahraga modern ini berpotensi membangkitkan perekonomian Indonesia yang sedang terpuruk akibat pandemi virus corona (Covid-19).

“Ternyata eSports ini bisa menjadi secercah cahaya. Bahwa kita bukan hanya bisa menggerakkan dari segi prestasi tapi juga dari segi industri,” kata Sandiaga Uno, dilansir dari laman Antara.

Sandiaga sebagai salah satu anggota Dewan Pembina PB ESI meyakini eSports bukan hanya menjadi salah satu pilihan bagi pemuda untuk mengukir prestasi, namun juga turut andil membuka lapangan kerja.

“Kami akan terus mendorong bukan hanya pembinaan. Tapi juga pembangunan ekosistem untuk pemulihan dan kebangkitan ekonomi untuk membuka lapangan kerja seluas luasnya,” tambahnya.

Sandiaga Uno menambahkan bahwa sejak asosiasi eSports dibentuk di Indonesia pada 2019 silam, industri eSports telah membuka lapangan kerja dengan perputaran ekonomi mencapai Rp 15 triliun.

PB ESI pada Jumat (13/11/20) menggelar putaran final kompetisi Piala Pelajar antar pelajar sekolah menengah dan sederajat se-jabodetabek. Total hadiah untuk 12 tim terbaik yang disediakan panitia berjumlah sebesar Rp 500 juta.

Dari 12 tim peserta putaran final, tim dari SMAN 13 Depok berhasil menyabet gelar juara, dan berhak menggondol hadiah sebesar Rp 120 juta.