eSports

Batal ke Eropa, Pro Player Persija Banjir Tawaran di Liga Thailand

Kamis, 19 November 2020 12:17 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pemain andalan Persija Esports di Indonesian Football e-League (IFeL) 2020, Rizal 'Ivander' Danyarta batal berlabuh ke tim Eropa, namun justru banjir tawaran memperkuat tim Liga Thailand.

Rizal 'Ivander' adalah salah satu pro player terkuat di panggung Indonesian Football e-League, kompetisi eSports pertama yang diikuti tim sepak bola Liga 1, dan memainkan game populer Pro Evolution Soccer (PES).

Meski belum pernah menjuarai kompetisi PES nasional, namun kiprah Rizal 'Ivander' justru bersinar di pentas internasional. Ia meraih gelar top skorer di ajang Thai e-League Pro dua musim berturut-turut.

Selain mempertahankan gelar top skorer, Rizal 'Ivander' juga membawa tim Bangkok Glass Pathum United selalu finish di posisi atas, tepatnya di peringkat ketiga dan juga runner up dalam dua musim terakhir.

Dengan kegemilangan tersebut, jelas saja pro player Persija Jakarta itu menjadi buruan tim Liga Thailand yang berkompetisi di Thai e-League Pro 2021. Namun hingga kini Rizal belum memutuskan kemana akan berlabuh.

"Untuk di Liga Thailand masih mikir-mikir sih, apakah ikut kualifikasi dulu atau enggak, tapi kalau untuk tawaran sudah banyak, empat sampai lima tim," papar Rizal 'Ivander' saat ditemui awak redaksi INDOSPORT.com.

"Sayangnya BG Pathum untuk tahun ini nggak ikut, karena main online sih, mereka juga nggak setuju dengan regulasi baru."

Sejatinya, Rizal 'Ivander' Danyarta sempat mendapat tawaran untuk bermain di level Eropa, yang memang rutin menggelar kompetisi eSports eFootball.Pro League.

Namun, pandemi Covid-19 membuat mimpi itu harus ditunda terlebih dahulu, dan Rizal memutuskan fokus berkarier di Liga Thailand.

"Dulu sempat ada tawaran (ke Eropa), tapi stop karena ada Corona, ada pandemi, jadi nggak ada pembicaraan lebih lanjut. Untuk sekarang saya mau balikin mood dulu, sama mau balikin performa terbaik," pungkasnya.

Jika tak ada perubahan, gelaran turnamen Thai e-League Pro akan digelar pada awal 2021 nanti, dan cukup banyak pemain PES asal Indonesia yang dipercaya untuk membela tim eSports di Liga Thailand.