eSports

Siap Ukir Sejarah, Pendaftaran Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 Resmi Dibuka

Senin, 23 Agustus 2021 15:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© UniPin
Eksibisi eSports PON Papua 2020. Copyright: © UniPin
Eksibisi eSports PON Papua 2020.

INDOSPORT.COM – Pendaftaran Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 diresmikan oleh Pengurus Besar Esport Indonesia (PBESI). Ini akan menjadi sejarah baru bagi perkembangan esports di Indonesia.

Dalam konferensi pers yang dirilis hari Rabu (18/08/21) lalu, PBESI menyatakan bahwa esports ditetapkan menjadi salah satu dari 10 cabang yang akan mengikuti Eksibisi PON XX 2021.

Gelaran Eksbisi Esports PON XX Papua pun secara langsung menggandeng game publisher untuk bekerjasama, yang mana ini akan menandai pertama kalinya esports masuk dalam bagian Pekan Olahraga Nasional.

Menurut Frengky Ong, selaku Sekretaris Jenderal PBESI, penyelenggaraan gim pada eksibisi pertama ini dilakukan secara swadaya.

Masing-masing game publisher dari gim yang dimainkan yaitu, Free Fire, eFootball PES dan Mobile Legends akan bertanggungjawab dan mendanai produknya masing-masing.

Salah satu stakeholder yang juga mendukung pelaksanaan eksibisi esports, UniPin menyatakan optimis dengan dukungan pemerintah untuk membantu ekosistem esports tumbuh lebih besar.

Debora Imanuella, Senior Vice President UniPin Community percaya upaya pemerintah merangkul segala pihak akan  mewujudkan eksosistem esports Indonesia yang lebih baik.

“Kami secara penuh mendukung dan akan turut meramaikan serta mensukseskan Eksibisi Esports PON XX Papua. Momen ini perlu kita manfaatkan sebesar-besarnya oleh semua stakeholder esports di Indonesia agar dapat semakin mendorong kemajuan olahraga maupun industri ini di tanah air,” ujar Debora lagi.

Berdasarkan Surat Keputusan KONI Nomor 67 tahun 2021 tentang penetapan cabang olahraga Eksibisi pada PON XX 2021 di Papua, pendaftaran cabor ini dibuka untuk semua pemain esports yang kemudian akan mewakili tempat asal mereka.