eSports

Mengenal Nio, Karakter Game Moba yang Terinspirasi dari 'Mulan' Indonesia

Rabu, 8 September 2021 16:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© lokapala_moba
Nio, salah satu karakter game eSports Moba karya anak bangsa, Lokapala. Copyright: © lokapala_moba
Nio, salah satu karakter game eSports Moba karya anak bangsa, Lokapala.

INDOSPORT.COM - Mengenal Nio, salah satu karakter game eSports Moba karya anak bangsa, Lokapala, yang rupanya terinspirasi pahlawan wanita atau 'Mulan' dari Indonesia.

Jika mendengar nama Mulan, tentu akan teringat dengan sosok karakter Disney yang terinspirasi dari legenda Tionghoa, di mana Mulan rela menyamar menjadi laki-laki demi menjadi prajurit dan membela negaranya.

Rupanya, cerita yang mirip pernah terjadi di Indonesia. Sosok itu adalah The Sin Nio, seorang wanita pejuang revolusi 1945 yang berasal dari Wonosobo, hingga menyamar menjadi pria agar ia bisa menjadi prajurit.

Selama masa perang mempertahankan kemerdekaan, Nio menyamar jadi laki-laki dengan melilit dadanya dan memakai celana longgar, bahkan ia juga menggunakan nama samaran laki-laki, yakni Mochamad Moeksin.

Nio ikut angkat senjata, sebagai bagian dari Kompi 1 Batalyon 4 Resimen 18 di bawah komando Sukarno. Dengan berbekal golok, tombak dan bambu runcing, Nio ikut di garis terdepan dan menghadapi tentara Belanda.

Namun, setelah perang selesai, The Sin Nio kesulitan memperjuangkan haknya sebagai veteran. Kala itu, ia memutuskan pindah ke Jakarta tahun 1973, dan tinggal di rumah kumuh dekat rel kereta Stasiun Juanda.

Status veteran Nio akhirnya diakui pada tahun 1981, namun tidak diiringi dengan cairnya hak tunjangan. Tiga tahun berselang, 'Mulan' Indonesia tersebut meninggal dunia.