eSports

PBESI Usul Esports Masuk Kurikulum Sekolah, Sepakat?

Sabtu, 27 November 2021 17:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Dok. PBESI
Persatuan Besar Esports Seluruh Indonesia (PBESI) mengusulkan eSports masuk kurikulum sekolah. Copyright: © Dok. PBESI
Persatuan Besar Esports Seluruh Indonesia (PBESI) mengusulkan eSports masuk kurikulum sekolah.

INDOSPORT.COM - Pengurus Besar eSports Indonesia (PBESI) menyebutkan jika eSports akan masuk kurikulum sekolah.

Ketua Bidang Humas dan Komunikasi PBESI, Ashadi Ang menyebut jika eSports sedang diproyeksikan untuk masuk kurikulum SMP dan SMA, namun lebih ditekankan ke SMK.

"Esports juga masuk di kurikulum sekolah kejuruan," kata Ashadi Ang dalam diskusi virtual 'Membangun Jenjang Karir Atlet Esports & Prestasi Bangsa', Rabu (24/11).

"Untuk masuk ke kurikulum, kami bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, juga Kementerian Pemuda dan Olahraga," sambung Humas PBESI tersebut.

Sebagaimana diketahui, industri eSports sudah berkembang dan banyak prestasi yang diukir anak muda Indonesia di level internasional, misalnya di Mobile Legends.

Selain itu, ada juga beberapa game eSports yang populer di Indonesia, misalnya PUBG Mobile, Free Fire, Valorant, Pro Evolution Soccer (PES), FIFA, Dota 2, dan lain-lain.

Esports bisa berkolaborasi dengan dunia pendidikan. Kolaborasi ini juga sekaligus bisa memperkenalkan besarnya ekosistem, peluang, dan pondasi eSports di level dunia.

"Ini dilakukan agar mindset semua orang benar tentang eSports," ucap Ashadi Ang.

Kemudian, Ashadi Ang juga mengatakan bahwa PBESI berencana membuat sebuah training center atau pusat pelatihan bagi atlet dan calon atlet eSports nasional.

"Training center berguna agar atlet dan calon atlet eSports dapat memiliki satu tempat untuk pelatihan, baik pelatda maupun pelatnas," tuntas Ashadi Ang.