eSports

Sempat Dituduh Dualisme Organisasi Esports, IESPA Kini jadi Binaan PBESI

Minggu, 13 Februari 2022 13:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Rilis UniPin
Ketua Umum IESPA, Ibnu Riza dan Ketua Harian PBESI, Bambang Sunarwibowo. Copyright: © Rilis UniPin
Ketua Umum IESPA, Ibnu Riza dan Ketua Harian PBESI, Bambang Sunarwibowo.

INDOSPORT.COM - Sempat ramai dituding sebagai dualisme organisasi eSports besar di Indonesia, IESPA akhirnya memantapkan diri sebagai organisasi binaan PBESI.

IESPA (Indonesian Esports Association) merupakan organisasi Esports yang sudah cukup lama menaungi industri game online Tanah Air, tepatnya sejak 2012.

Sementara PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) merupakan organisasi di bawah naungan Kemenpora, melihat geliat industri eSports yang kian maju di 2020.

IESPA dikenal cukup lama, sementara PBESI adalah organisasi baru, namun kewenangan mereka lebih tinggi dari IESPA. Tentu ada pihak yang merasakan adanya dualisme.

Namun kini, mengingat kedua organisasi sama-sama memiliki visi untuk membawa Esports Indonesia berprestasi di kancah internasional, maka ada terobosan baru.

Tahun ini, IESPA sebagai salah satu kontributor dalam perkembangan industri eSports nasional, secara resmi menginduk ke PBESI, di bawah naungan Kemenpora.

Ketua Harian PB Esports Indonesia (PBESI), Bambang Sunarwibowo menyambut baik kolaborasi IESPA dan PBESI, yang dapat memaksimalkan potensi eSports Tanah Air. 

"PBESI menyambut baik pengindukan IESPA ke PBESI. Hal ini tentunya merupakan kabar baik yang akan menghasilkan sinergi untuk mendorong perkembangan ekosistem eSports di Indonesia," ucap Bambang.

"Kami berharap sinergi dan kolaborasi dua lembaga ini dapat merealisasikan potensi olahraga eSports di tiap wilayah Indonesia dengan lebih merata," lanjut Bambang lagi.