eSports

Waduh! Dunia Esports Dinilai Tidak Menguntungkan, Tim Besar Mulai PHK Karyawan

Selasa, 17 Januari 2023 19:25 WIB
Penulis: Fahri Atilla | Editor: Prio Hari Kristanto
© League of Legends
Hal besar sedang terjadi di industri eSports dengan kabar bahwa para tim raksasa mulai PHK puluhan karyawan mereka. Copyright: © League of Legends
Hal besar sedang terjadi di industri eSports dengan kabar bahwa para tim raksasa mulai PHK puluhan karyawan mereka.

INDOSPORT.COM — Hal besar sedang terjadi di industri eSports dengan kabar bahwa para tim raksasa mulai PHK puluhan karyawan mereka.

Tim raksasa seperti 100 Thieves dan TSM bahkan dikabarkan tengah mengalami permasalahan finansial yang terjadi karena beberapa faktor.

Para investor yang menjadi tulang punggung perekonomian mereka nampaknya mulai menyadari bahwa industri eSports tidak begitu menguntungkan.

Dengan harga jor-joran yang mereka berikan, keuntungan para perusahaan ini dinilai tidak sebanding dan cenderung rugi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa hype pertandingan eSports nampaknya tidak terlalu berbuah banyak bagi sebuah brand.

Selain itu, isu tentang resesi global yang terjadi pada tahun 2023 juga menjadi faktor besar hancurnya perekonomian para tim eSports ini.

Diketahui bahwa Team SoloMid (TSM) sebagai salah satu tim raksasa wilayah Amerika Serikat harus mengeluarkan 20 karyawan mereka untuk menyehatkan keuangan.

Sedangkan 100 Thieves yang menjadi rival TSM juga turut memberhentikan lusinan karyawan mereka termasuk para tim senior.

Diketahui bahwa Executive Producer mereka, Mike Aransky, juga tidak luput dari pemberhentian karyawan 100 Thieves kali ini.

Selain dua faktor besar tadi, sebenarnya ada satu permasalahan lagi yang berhasil membuat para tim eSports ini hancur secara ekonomi.