eSports

Timnas Valorant Indonesia Akhirnya Boyong Emas SEA Games, PB ESI: Kebenaran Ditegakkan!

Senin, 15 Mei 2023 20:15 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© PB ESI
Timnas e-Sports Valorant akhirnya sukses memboyong medali emas di SEA Games 2023 Kamboja usai melewati diplomasi panjang. (Foto: PB ESI) Copyright: © PB ESI
Timnas e-Sports Valorant akhirnya sukses memboyong medali emas di SEA Games 2023 Kamboja usai melewati diplomasi panjang. (Foto: PB ESI)

INDOSPORT.COM – Timnas e-Sports Valorant akhirnya sukses memboyong medali emas di SEA Games 2023 Kamboja usai melewati diplomasi panjang.

Seperti diketahui, gelaran Grand Final SEA Games 2023 untuk kategori e-Sports Valorant sempat menuai kontroversi antara Indonesia vs Singapura yang mana telah terjadi penggunaan bug abuse.

Pertandingan yang berlangsung di Naba Theatre, Naga World Entertainment Complex, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/05/23), tim valorant Indonesia mulanya sudah tertinggal 1-0 dari Singapura pada map pertama, Ascent dengan skor 8-13.

Kontroversi pun muncul pada map kedua, Split, lantaran Singapura dianggap memakai abuse skill Spycam Cypher.

Tak terima dengan bug itu, tim Indonesia mengajukan protes yang membuat pertandingan harus dihentikan cukup lama.

Seusai melewati proses yang lama, mereka akhirnya mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari Grand Final Valorant.

Oleh karenanya, Tim Indonesia sebelumnya dinyatakan hanya memperoleh medali perak, sementara Singapura mendapatkan medali emas.

Berkat dukungan dari netizen tanah air, Indonesia memutuskan untuk mengajukan banding sampai diterima. Alhasil, pasukan garuda akhirnya memenangi medali emas di SEA Games 2023 untuk e-Sports Valorant.