Hasil Akhir Semifinal Futsal Piala AFC U-20 Afghanistan vs Indonesia: Perjuangan Maksimal Garuda

Kamis, 20 Juni 2019 20:02 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
© AFC
Timnas Indonesia tersingkir atau gagal ke final setelah kalah 3-4 dari Afghanistan pada pertandingan semifinal Piala AFC U-20 Futsal 2019, Kamis (20/06/19), di Tabriz, Iran. Copyright: © AFC
Timnas Indonesia tersingkir atau gagal ke final setelah kalah 3-4 dari Afghanistan pada pertandingan semifinal Piala AFC U-20 Futsal 2019, Kamis (20/06/19), di Tabriz, Iran.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia tersingkir atau gagal ke final setelah kalah 3-4 dari Afghanistan pada pertandingan semifinal Piala AFC U-20 Futsal 2019, Kamis (20/06/19), di Tabriz, Iran.

Selama 5 menit awal, pemain Afghanistan unggul dalam aksi individu. Keunggulan fisik menjadi kekuatan Afghanistan untuk mendikte permainan Timnas Futsal Indonesia U-20.

Afghanistan berhasil unggul 1-0 pada menit ke-7. Situasi dua lawan satu sukses dikonversikan pemain nomor punggung 13 dari Afghanistan, Sadiq Zaheri, untuk menjadi gol.

Timnas Futsal Indonesia U-20 merespons cepat gol Afghanistan. Peluang matang berulangkali tercipta lewat situasi set-piece maupun permainan terbuka.

Time out terjadi pada menit ke-12. Morteza Haidari kerap merepotkan pivot Indonesia lewat aksi individunya dari sisi kiri pertahanan Timnas Futsal Indonesia U-20.

Afghanistan memainkan pressing ketat terhadap pemain Timnas Futsal Indonesia U-20. Hal tersebut memaksa R. Zidani sebagai pivot bermain dengan bola atas dan tidak jarang melakukan kesalahan passing.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia balik melakukan pressing. R. Xavier mendapatkan peluang pada menit ke-21, namun tusukannya dari sisi kiri tidak diakhiri eksekusi yang terarah.

R. Xavier sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-23. Memanfaatkan kesalahan Hassan Ali Jafari, R. Xavier mencuri bola dan menceploskan bola dengan ujung kakinya.

Afghanistan mulai kehilangan irama permainan setelah Timnas Futsal Indonesia U-20 menyamakan kedudukan. M. Agung memperoleh peluang satu lawan satu namun kiper Afghanistan, M. Javad Savari, masih sigap menepis bola.

Kiper Timnas Futsal Indonesia U-20, A. Habibi, tidak kalah tampil mengesankan. Ia menepis tembakan Sadiq Zaheri dengan menutup ruang tembaknya pada menit ke-25.

Afghanistan kembali unggul pada menit ke-29. Tembakan menyusur Ali Arab Zada dari sisi kiri gagal dihadang A. Habibi dan mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Afghanistan.

M. Agung menyamakan kedudukan dua menit berselang. Ia sukses merebut bola dari Hamid Reza Hossaini dan melepaskan tembakan menyusur ke sisi kanan gawang M. Javad Savari.

M. Habibi melakukan penyelamatan penting tiga menit jelang laga usai. Setelah itu, pelatih Afghanistan melakukan time out untuk mengatur strategi sebelum pertandingan waktu normal berakhir.

Satu menit jelang laga usai, Kenshuke Takahashi meminta time out. Pertandingan normal babak kedua berakhir dengan skor imbang 2-2 dan memaksa perpanjangan waktu.

Afghanistan kembali menekan Timnas Indonesia di babak perpanjangan waktu. Ali Arab Zada melewati dua pemain Timnas Indonesia, termasuk kiper M. Habibi, yang kemudian dilanjutkan tembakan Sadiq Zaheri yang berbuah gol bagi Afghanistan.

Timnas Indonesia mulai memainkan strategi powerplay. Seakan berjudi, Timnas Futsal Indonesia U-20 kembali kebobolan dan mengubah skor menjadi 4-2.

Pada perpanjangan waktu kedua, Timnas Futsal Indonesia U-20 terus melancarkan serangan lewat powerplay. Timnas Indonesia sempat mencetak satu gol, tetapi, skor akhir 4-3 untuk kemenangan Afghanistan tetap tidak berubah dan Timnas Indonesia gagal lolos ke final Piala AFC U-20 Futsal 2019.

IDS Emoticon Suka
Suka
8%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
8%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
67%
IDS Emoticon Marah
Marah
17%