Liga Indonesia

Futsal Kian Berkembang di Makassar dan Sekitarnya, Target AFP Sulsel Tercapai

Senin, 12 Agustus 2019 18:55 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
© Mardiana Majid, Manajer RGC Foundation FC
Wakil Ketua Asosiasi Futsal Provini Sulawesi Selatan (AFP Sulsel), Ahmad Susanto. Copyright: © Mardiana Majid, Manajer RGC Foundation FC
Wakil Ketua Asosiasi Futsal Provini Sulawesi Selatan (AFP Sulsel), Ahmad Susanto.

INDOSPORT.COM - Wakil Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulawesi Selatan, Ahmad Susanto, mengaku senang mengetahui salah satu dari dua targetnya tercapai. Target yang dimaksud adalah pembinaan dan prestasi, di mana target pembinaan dinilai telah membuahkan hasil.

Ahmad Susanto menyebut AFP Sulsel sukses menggencarkan pembinaan futsal. Hal tersebut dibuktikan dengan semakin banyaknya klub-klub dari beberapa kabupaten di Sulsel yang mulai menggairahkan dunia futsal hingga ke level nasional.

"Pola pembinaan diubah yang sebelumnya berpusat di Makassar. Selama tiga tahun terakhir kami geser ke daerah-daerah lain, misalnya Liga Futsal Nusantara (LFN) kami adakan di Sinjai tahun lalu. Tahun ini harusnya di Luwu, tapi H-7 tiba-tiba mundur," tutur Ahmad, Senin (12/8/19).

"Pembinaan sudah mulai menunjukkan hasilnya, contoh di LFN kemarin. Pesertanya tidak lagi didominasi klub asal Makassar. Juara kemarin klub asal Sinjai melawan klub dari Palopo di final," cetus Ahmad Susanto lagi.

Tidak hanya pembinaan pemain futsal saja, AFP Sulawesi Selatan pun menggencarkan pembinaan pelatih futsal dari Kabupaten/Kota di luar Makassar.

"Kami juga telah mengadakan pelatihan pelatih pekan lalu agar menjadi ujung tombak pembinaan pemain. Kami lebih mengutamakan pelatih dari daerah dan membatasi pelatih asal Makassar," tukas Ahmad.

Terakhir, berdasarkan pengamatan saat Liga Futsal Nusantara 2019 yang digelar awal bulan ini, Ahmad Susanto menyebut pembinaan yang dilakukan telah mencapai titik keseimbangan di seluruh Kabupaten/Kota seantero Sulsel.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%