Gagal Juara Piala AFF, Timnas Futsal Indonesia Punya Prospek Cerah di Piala Asia

Selasa, 29 Oktober 2019 15:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Ical/Media FFI
Timnas futsal Indonesia menang atas Australia dengan skor 8-3 di Piala AFF 2019. Copyright: © Ical/Media FFI
Timnas futsal Indonesia menang atas Australia dengan skor 8-3 di Piala AFF 2019.

INDOSPORT.COM - Timnas futsal Indonesia gagal menjadi juara di Piala AFF 2019 setelah dipaksa menyerah 0-5 dari Thailand di final, Minggu (27/10/19).

Kekalahan itu menambah daftar panjang kesulitan Indonesia mematahkan dominasi Thailand selama sembilan tahun terakhir. Tercatat Indonesia hanya sekali juara, tepatnya edisi 2010 lalu, itu pun ketika Thailand absen dari Piala AFF.

Namun, timnas futsal dinilai punya prospek bagus untuk berlaga di Piala Asia tahun depan. Hal itu tak lepas dari pengalaman bagus di fase grup Piala AFF 2019, di mana Bayu Saptaji dkk. menjajal tim-tim kuat seperti Vietnam, Myanmar, dan Australia.

"Kami bermain tiga pertandingan berturut-turut di grup berat. Lihat saja lawan-lawannya. Ini menambah kepercayaan diri para pemain bahwa kami bisa melewati grup neraka. Sungguh positif untuk ke Piala AFC," ujar pelatih timnas futsal Indonesia, Kensuke Takahashi.

Indonesia memang mendapat tiket ke babak utama Piala Asia tahun depan setelah menjadi finalis Piala AFF. Berdasarkan regulasi yang berlaku, mereka akan mewakili ASEAN bersama Thailand dan Vietnam.

Timnas futsal bersaing dengan 13 negara Asia lain dalam kejuaraan yang akan berlangsung di Ashgabat, Turkmenistan, pada 24 Februari-10 Maret tahun depan.

Sementara itu, meski gagal juara di Piala AFF 2019, timnas futsal Indonesia mencatatkan torehan apik berupa kenaikan peringkat di ranking futsal dunia per 26 Oktober 2019

Mereka kini menduduki peringkat ke-47 dunia. Ranking tersebut bahkan lebih baik ketimbang beberapa negara bernama besar seperti Meksiko dan Jerman.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%