Kiprah Timnas Indonesia di Ajang Piala AFF Futsal, Pernah Jadi Juara!

Minggu, 27 Oktober 2019 21:38 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ical/Media FFI
Selebrasi Timnas futsal Indonesia usai menang atas Australia. Copyright: © Ical/Media FFI
Selebrasi Timnas futsal Indonesia usai menang atas Australia.

INDOSPORT.COM - Berikut kiprah Timnas Indonesia selama bergulirnya gelaran Piala AFF Futsal, di mana skuat Garuda pernah menjadi juara di turnamen tingkat Asia Tenggara ini.

Pada ajang Piala AFF 2019, Timnas futsal Indonesia kembali harus mengakui keunggulan Thailand di partai final dan merelakan sang juara bertahan mempertahankan gelarnya tahun ini.

Dalam pertandingan puncak yang berlangsung di Phu Tho Indoor Stadium tersebut, Timnas futsal Indonesia memang tampil dominan dan menciptakan banyak peluang, namun Thailand dengan sabar sukses menekan lewat serangan balik.

Di babak pertama skuat besutan José María Pazos Méndez tersebut langsung unggul dua gol lewat lesakkan Muhammad Osamanmusa dan Suphawut Thueanklang, sementara di babak kedua brace Kritsada Wongkaeo dan sebiji gol Warut Wangsama-aeo membuat Thailand menang telak 5-0 atas Indonesia.

Kemenangan tersebut sukses membuat Thailand mempertahankan gelar Piala AFF Futsal ke-15 sepanjang sejarah, sedangkan Indonesia untuk ketiga kalinya gagal menjadi juara meski telah mencapai babak final.

Walau gagal juara, namun kiprah Timnas futsal Indonesia di Piala AFF futsal 2019 kali ini patut mendapat apresiasi lantaran mereka bermain sangat impresif bahkan mampu mencukur Australia dengan skor telak 8-3 di babak penyisihan grup.

Sepanjang sejarah keikutsertaannya di Piala futsal AFF, Timnas Indonesia pernah meraih hasil gemilang yakni juara di tahun 2010 usai mengalahkan Malaysia 5-0 di partai final.

Selebihnya, Timnas futsal Indonesia lebih banyak tampil di perebutan tempat ketiga bahkan skuat Garuda menjadi tim dengan penampilan terbanyak di partai perebutan peringkat bersama Vietnam (7 kali).

Lebih lengkapnya berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT rangkum kiprah dan prestasi Timnas Futsal Indonesia di ajang Piala AFF Futsal:

Tahun Prestasi
2001 Absen
2003 Peringkat ketiga
2005 Peringkat ketiga
2006 Runner-Up
2007  Penyisihan grup
2008 Runner-up
2009 Peringkat ketiga
2010 Juara
2012 Peringkat ketiga
2013 Peringkat keempat
2014 Peringkat keempat
2015 Absen
2016 Penyisihan grup
2017 Penyisihan grup
2018 Peringkat ketiga
2019 Runner-Up
IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%