Tembus Final Piala AFF, Timnas Futsal Indonesia Dipastikan Tampil di Piala Asia 2020

Sabtu, 26 Oktober 2019 14:37 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ical/Media FFI
Berhasil menembus babak final Piala AFF 2019, Timnas futsal Indonesia dipastikan mendapat satu slot untuk tampil di Piala Asia 2020 mendatang. Copyright: © Ical/Media FFI
Berhasil menembus babak final Piala AFF 2019, Timnas futsal Indonesia dipastikan mendapat satu slot untuk tampil di Piala Asia 2020 mendatang.

INDOSPORT.COM - Berhasil menembus babak final Piala AFF 2019, Timnas futsal Indonesia dipastikan mendapat satu slot untuk tampil di Piala Asia 2020 mendatang.

Timnas futsal Indonesia sendiri tampil gemilang di Piala AFF 2019 kali ini, di mana skuat besutan Kensuke Takahashi tersebut belum pernah menelan kekalahan sejak babak penyisihan grup bahkan mampu mencukur Australia 8-3 dan memastikan diri ke babak semifinal.

Di perempat final, Timnas futsal Indonesia kembali menggila dan meraih kemenangan tipis 4-3 atas Myanmar yang sekaligus membuat Garuda melangkah ke final Piala AFF keempat sepanjang sejarah.

Keberhasilan melangkah ke partai final Piala AFF 2019, juga membuat Timnas futsal Indonesia memastikan satu tiket ke putaran final Piala Asia 2020 yang berlangsung di Turkmenistan.

Kawasan Asia Tenggara sendiri mendapatkan jatah tiga slot di ajang Piala Asia Futsal 2020 nanti. Ketiga slot yang mendapat jatah tersebut adalah peringkat satu hingga tiga gelaran Piala AFF 2019.

Thailand dan Indonesia dipastikan mendapat satu tiket karena menjadi finalis AFF 2019, sehingga satu slot lagi akan diperebutkan Myanmar dan Vietnam yang bertanding di perebutan tempat ketiga Piala AFF Futsal 2019 pada Minggu (27/10/19) besok.

Selain Indonesia dan Thailand, sebelumnya telah ada 12 negara Asia lain yang memastikan diri tampil di Piala Asia 2020, seperti Turkmenistan sebagai tuan rumah ataupun Iran yang memegan status juara bertahan.

Lebih lengkapnya, berikut daftar lengkap negara yang berhasil memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia 2020:

Asia Selatan & Tengah Asia Barat ASEAN Asia Timur
Uzbekistan Kuwait Thailand China
Tajikistan Bahrain Indonesia Jepang
Iran Lebanon * **
Kirgizstan Oman    
Turkmenistan Arab Saudi    

Ket:
* (Satu slot ASEAN diperebutkan Myanmar dan Vietnam)
** (Satu slot Asia Timur diperebutkan Mongolia dan Korea Selatan) 

IDS Emoticon Suka
Suka
33%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
67%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%