Gaji Pemain Futsal Capai Puluhan Juta, Coach Justin: Terima Kasih Hary Tanoe

Minggu, 17 April 2022 14:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Justinus Lhaksana alias Coach Justin. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Justinus Lhaksana alias Coach Justin.

INDOSPORT.COM - Blak-blakan gaji pemain futsal di Indonesia sudah mencapai puluhan juta. Eks pelatih timnas futsal, Coach Justin menyinggung peran Hary Tanoesoedibjo.

Perlu diketahui, Justinus Lhaksana alias Coach Justin merupakan salah satu pelopor perkembangan dunia futsal di Indonesia.

Coach Justin diangkat menjadi pelatih timnas futsal Indonesia pada 2004. Kala itu, olahraga futsal masih berkembang dan bahkan masih dipandang sebelah mata.

Menurut Coach Justin, ketika ia menjadi pelatih Timnas Futsal, para pemain masih menerima gaji sekadarnya dari klub-klub.

Namun kini, saat futsal Indonesia sudah berada di level top Asia, gaji para pemain juga meningkat hingga puluhan juta rupiah.

"Kesejahteraan pemain futsal sekarang jauh lebih bagus. Dulu pemain top gajinya lima jutaan per bulan, selevel timnas, di klub," ucap Coach Justin via Jebret Media TV.

"Sekarang, sudah 20-30 juta sebulan, ada kenaikan sebanyak itu dalam kurun waktu 12-14 tahun ini," blak-blakan Coach Justin.

Dulu, pemain futsal hanya digaji saat main, sekitar 3-5 bulan. Namun kini, sudah ada liga jangka panjang, membuat pemain juga fokus, hingga menerima gaji yang sepadan.

"Terus durasi, dulu Liga Pro karena klubnya nggak terlalu banyak, durasi kompetisinya pendek. Dalan setahun, kompetisi paling tiga bulan, dengan persiapan dan lain-lain."

"Sisanya, enam sampai tujuh bulan mereka tarkam. Sekarang mungkin masih ada, tapi nggak terlalu banyak, karena mereka dari futsal saja sudah lumayan bagus," ujarnya.