Terindikasi Doping, Atlet Turkmenistan Dikeluarkan dari Asian Games 2018

Jumat, 24 Agustus 2018 16:00 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© PTI
Nazarov Rustam (merah), atlet gulat Turkmenistan di Asian Games 2018. Copyright: © PTI
Nazarov Rustam (merah), atlet gulat Turkmenistan di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Nasib nahas harus dialami oleh atlet gulat asal Turkmenistan Nazarov Rustam. Dia harus didiskualifikasi dari ajang Asian Games 2018 karena positif menggunakan doping.

Nazarov Rustem didiskualifikasi oleh Olympic Council of Asia (OCA) dari ajang Asian Games 2018. Hal ini karena sebelum bertanding ia diketahui melakukan doping pada saat pemeriksaan 17 Agustus 2018.

Nazarov Rustem sendiri pada ajang Asian Games 2018 turun pada cabang olahraga gulat gaya bebas untuk nomor 57 kilogram. Pria 24 tahun itu tertangkap saat melakukan pemeriksaan doping sesuai dengan sampel urin yang diambil sebelum pertandingan.

Dalam keterangan tertulis yang dikeluarkan oleh OCA, pria kelahiran 18 Januari 1994 itu tersingkir saat babak perdelapan final Asian Games yang berlangsung. Sementara Nazarov Rustem sendiri telah didiskualifikasi dari pesta olahraga terbesar di Asia ini dan untuk kompetisi yang akan diadakan pada 19 Agustus 2018 pun dibatalkan.

Sementara hasil dari urin Nazarov Rustem sendiri diketahui mengandung furosemide yang merupakan zat terlarang di bawah kategori S5, sesuai dengan daftar yang ditetapkan oleh Badan Antidoping Dunia (WADA) dilarang di daftar dunia.

Bahkan keberhasilan dan kekalahannya di babak perdelapanfinal dari Tomar Sandeep dihapus oleh OCA, dan hasil dari tes itu pun langsung diberitahukan kepada pimpinan NOC Turkmenistan dan Nazarov Rustem secara langsung.

Medali Asian Games Keenam Indonesia Dipersembahkan Cabor Paragliding

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDOSPORT.com (@indosportdotcom) pada

Terus Ikuti Berita Olahraga Asian Games 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT