Atlet Rumania Mualaf, Roxana Andreea Berbagi Kisah Terjun Jadi Pegulat

Jumat, 22 Mei 2020 07:51 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Atlet Rumania mualaf Nastrusnicu Roxana Andreea tak ragu berbagi kisah bagaimana awal mulanya bisa terjun jadi seorang pegulat wanita.

Roxana merupakan putri bungsu dari tiga bersaudara yang lahir di kawasan Resita, Rumania, 13 Januari 1989 silam (kini berusia 31 tahun).

Diketahui kalau Roxana awalnya coba-coba mengikuti olahraga tersebut. Terlebih teman sebaya waktu kecil dulu kebanyakan laki-laki di lingkungannya.

"Ya saya dulu (waktu kecil) tomboy. Jadi ikut sama teman-teman. Dulu saya generasi pertama perempuan yang ikut gulat di daerah saya," ujar Roxana kepada INDOSPORT, Kamis (21/05/20).

Kemudian Roxana dan teman-teman perempuannya (sebanyak 20 orang) pun datang ke Gelanggang Olahraga dan Rekreasi di daerah Resita untuk ikut gulat.

Seiring berjalannya waktu, teman-temannya menghilang satu per satu. Usai sisa beberapa saja, tinggalah Roxana saja yang tetap menekuni gulat.

"Saya dari kecil suka kompetisinya. Semasa kecil sudah diajak untuk ikut Pelatihan Nasional (Pelatnas) gulat," sambung Roxana.

Ajakan tersebut tak lepas dari pelatih gulat Roxana yang juga diketahui menjadi juru latih tim nasional gulat Rumania dan dirinya tak menolak tawaran itu.

"Saat ikut Pelatnas, usia saya masih 10 tahun. Kalau di Rumania, Pelatnas bisa berjalan selama 10-11 bulan per tahun dan kita tinggal di daerah lain," jelas Roxana.

Ibu dari seorang anak ini menjelaskan kalau saat remaja hidupya sudah seperti koper yang kerap berpindah. Meski begitu Roxana sangat menikmatinya.

© Facebook/Nastrusnicu Roxana
Pegulat wanita gaya bebas Nastrusnicu Roxana Andreea yang menjadi seorang mualaf dan telah dinaturalisasi. Copyright: Facebook/Nastrusnicu RoxanaPegulat wanita gaya bebas Nastrusnicu Roxana Andreea yang menjadi seorang mualaf dan telah dinaturalisasi.

Tak jarang kala ikut Pelatnas, Roxana turut bertanding juga. Kendati kalau itu usia Roxana belum memenuhi ketentuan kelas olahraga gulat.

"Pertama cuma nonton saja. Selanjutnya disuruh main, tapi di luar kompetisinya atau pas orang yang tanding sedang istirahat, saya melawan musuh dari daerah lain," kenang Roxana.

Menyelami dunia gulat ternyata membuat Roxana sempat diragukan oleh orang-orang sekitar, tepatnya lingkungan sekolah. Karena perempuan jarang sekali ambil olahraga gulat.

"Dan seiring berjalannya waktu, pas sudah ikut tanding (tingkat) nasional dan dapat medali, langsung ada pemberitaan di koran dan semua mulai percaya serta bangga dengan saya," terang Roxana.

Dirinya juga menjelaskan kalau tak ada faktor keturunan yang membuat Roxana terjun di dunia gulat. Namun kakak-kakaknya memang ikut cabang olahraga lain.

Kakak yang pertama merupakan atlet senam. Sedangkan kakak nomor dua adalah atlet karate. Artinya tiga bersaudara itu ambil dunia olahraga yang berbeda.

Roxana Andreea saat ini tinggal di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Dirinya menikahi atlet gulat Indra Setia Prakasa beberapa tahun yang lalu.

Tak hanya itu Roxana juga telah memeluk agama Islam dan tak lepas dari pengaruh sang suami. Bahkan Roxana saat ini sudah menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI).

Terakhir Roxana tengah bekerja sebagai staf honorer di Dinas Pemuda dan Olahraga Kalimantan Selatan (Diaspora Kalsel) sejak akhir 2018 lalu.