5 Petinju Jadi Lawan Paling Sulit Ditumbangkan Mike Tyson

Kamis, 21 Mei 2020 15:26 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Sean Dempsey - PA Images/PA Images via Getty Images
Berikut ini ada 5 petinju yang bisa jadi lawan sulit ditumbangkan bagi legenda bokser Amerika Serikat Mike Tyson. Siapa saja kira-kira? Copyright: © Sean Dempsey - PA Images/PA Images via Getty Images
Berikut ini ada 5 petinju yang bisa jadi lawan sulit ditumbangkan bagi legenda bokser Amerika Serikat Mike Tyson. Siapa saja kira-kira?

INDOSPORT.COM - Berikut ini ada 5 petinju yang bisa jadi lawan sulit ditumbangkan bagi legenda bokser Amerika Serikat Mike Tyson. Siapa saja kira-kira?

Mike Tyson merupakan salah satu petinju yang lahir di New York, Amerika Serikat, 30 Juni 1966 silam. Bahkan Tyson dijuluki Kid Dynamite kala itu.

Tanding di tinju kelas berat, Tyson menjadi salah satu lawan paling menakutkan pada era 85-an hingga 2000-an dengan gaya main Orthodox.

Pria yang kini berusia 53 tahun itu menjalani debut perdana di bokser profesional pada usia 18 tahun, tepatnya pada 6 Maret 1985 silam.

Kala itu Tyson berhadapan dengan Hector Mercedes di Plaza Convention Center, Albany, New York, Amerika Serikat. Sang lawan dibuat TKO pada ronde pertama.

Seiring berjalannya waktu, Tyson telah membukukan 56 pertandingan dengan rincian 50 kemenangan dan enam kali menelan kekalahan pahit.

Pertarungan paling fenomenal Tyson ialah ketika bersua Evander Holyfied yang berlangsung dua jilid, tepatnya pada 9 November 1996 dan 28 Juni 1997.

Beragam sabuk juara mulai dari WBC, WBA, IBF, hingga IBO pernah diraih oleh Mike Tyson semasa masih aktif melakoni olahraga tinju dulu.

Meski demikian ada hal menarik yang ternyata bisa dicemati bersama oleh para penggemar olahraga tentang perjalanan karier Mike Tyson.

Pasalnya Tyson ternyata punya lawan-lawan yang sulit untuk ditumbangkan dengan cepat. Kemenangan yang harus didapat harus menunggu hingga ronde akhir.

1. James Tillis

© Focus on Sport/Getty Images
Mike Tyson vs James Tillis. Copyright: Focus on Sport/Getty ImagesPertandingan tinju kelas berat Mike Tyson vs James Tillis.

Ujian berat yang harus dihadapi oleh Tyson ialah ketika bersua James Tillis. Sebab Tyson harus menunggu cukup lama untuk menumbangkan sang lawan.

Berlaga di Civic Center, New York, Tyson baru bisa dinyatakan menang usai melewati 10 ronde dari James Tillis, 3 Mei 1986 silam dengan status Unanimous Decision (UD).

2. Mitch Green

© Focus on Sport/Getty Images
Mike Tyson vs Mitch Green. Copyright: Focus on Sport/Getty ImagesPertandingan tinju kelas berat Mitch Green vs Mike Tyson.

Kemudian ada petinju asal Georgia, Amerika Serikat Micth Green yang juga menjadi salah satu lawan yang sulit ditumbangkan oleh Mike Tyson.

Serupa dengan Tillis, Tyson harus meraih kemenangan dari Green hingga ronde ke-10 usai dengan status Keputusan Bulat (UD), 20 Mei 1986 silam.

3. Rose Ribalta

© The Ring Magazine via Getty Images
Mike Tyson vs Jose Ribalta. Copyright: The Ring Magazine via Getty ImagesPertandingan tinju kelas berat Jose Ribalta vs Mike Tyson.

Kemudian petinju asal Rodrigo, Kuba Jose Ribalta turut menjadi lawan yang menyulitkan Tyson dalam memburu sebuah kemenangan ke-26 kala itu.

Ribalta mampu bertahan hingga ronde ke-10 kala melawan Tyson. Namun dipenghujung ronde itu Tyson sukses membuat Ribalta kalah TKO, 17 Agustus 1986.

4. James Smith

© Focus on Sport/Getty Images
Mike Tyson vs James Smith. Copyright: Focus on Sport/Getty ImagesPertandingan tinju kelas berat Mike Tyson vs James Smith.

Selanjutnya Mike Tyson sempat dibuat kesulitan oleh sesama petinju asal Amerika Serikat James Smith. Pertarungan keduanya terjadi pada 7 Maret 1987 silam.

Tyson dan Smith kerap kali jual-beli pukulan. Sampai pada akhirnya Tyson dinyatakan menang dari Smith lewat Keputusan Bulat usai keduanya bertarung selama 12 ronde.

5. Tony Tucker

© The Ring Magazine via Getty Images
Mike Tyson vs Tony Tucker. Copyright: The Ring Magazine via Getty ImagesPertandingan tinju kelas berat Tony Tucker vs Mike Tyson.

Terakhir ada Tony Tucker, petinju asal Michigan, Amerika Serikat yang sempat membuat Mike Tyson harus menunggu lama dalam meraih sebuah kemenangan.

Laga yang berlangsung 1 Agustus 1987 silam ini harus membuat Tyson dan Tucker bermain selama 12 ronde. Hingga pada akhirnya Tyson lah yang meraih kemenangan.

Dalam lima laga di atas, Tyson kala itu masih berusia 19-21 tahun. Bahkan diusia yang belia itu Tyson belum menelan satu kekalahan pun.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%