Liga Indonesia

Esquerdinha, Singkat dengan Bhayangkara FC Kini Berjaya di Serie D

Kamis, 21 Mei 2020 04:05 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kisah Rubens Raimundo da Silva alias Esquerdinha yang singkat dengan jawara Liga 1 2017 Bhayangkara FC dan kini tengah berjaya di Serie D Brasil. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kisah Rubens Raimundo da Silva alias Esquerdinha yang singkat dengan jawara Liga 1 2017 Bhayangkara FC dan kini tengah berjaya di Serie D Brasil.

INDOSPORT.COM - Kisah Rubens Raimundo da Silva alias Esquerdinha yang singkat dengan jawara Liga 1 2017 Bhayangkara FC dan kini tengah berjaya di Serie D Brasil.

Esquerdinha diketahui lahir di kawasan Recife, Pernambuci, Brasil, pada 10 Oktober 1989 (30 tahun) dan berposisi sebagai gelandang serang.

Ada sebuah kisah menarik yang dialami oleh Esquerdinha kala mencatatkan sejarah tampil di kompetisi sepak bola Indonesia pada 2019.

Memasuki awal Liga 1 2019, 18 peserta tengah berlomba-lomba untuk mendatangkan pemain lokal maupun asing berkualitas sesuai pilihan.

Para pemain ini diharapkan bisa membawa dampak positif luar biasa terhadap klub yang memakai jasa mereka selama semusim penuh nantinya.

Apalagi pada awal 2019, kompetisi sepak bola lokal diwarnai banyak ajang seperti Piala Presiden, Piala Indonesia, serta muaranya di Liga 1.

Sehingga pemain yang didatangkan mesti segera mengerti akan sistem bermain yang diharapkan sang pelatih klub sepak bola.

Setiap awal musim, 18 peserta Liga 1 pasti dihadapkan dengan fenomena waktu bursa transfer alias perpindahan pemain dari satu klub ke tim lain.

Sehingga hal tersebut sangat digemari oleh para penggila sepak bola nasional. Sebab, ada saja pemain asing atau bintang yang dikaitkan dengan tim kebanggaan mereka.

Salah satunya ialah jawara Liga 1 2017, Bhayangkara FC, yang perlahan mulai dikaitkan dengan pemain-pemain incaran mereka.

© INDOSPORT
Gelandang asing anyar Bhayangkara FC asal Brasil, Esquerdinha. Copyright: INDOSPORTEks gelandang asing Bhayangkara FC asal Brasil, Esquerdinha.

Tepatnya awal Maret 2019, Bhayangkara FC secara mengejutkan mendatangkan pemain jebolan Serie A Brasil dalam sosok Esquerdinha.

Dia dipercaya untuk tampil di pagelaran Piala Presiden kala itu dan dikontrak selama semusim penuh. Esquerdinha direkrut usai dilepas Najran SC (Arab Saudi).

Bahkan, debut Esquerdinha berjalan sangat manis, di mana pemain 30 tahun ini mencetak satu assist kala Bhayangkara FC menang 4-2 atas Semen Padang.

Lalu Esquerdinha turut mengantarkan Bhayangkara FC menang 2-1 dari Mitra Kukar, 4-1 atas Bali United, dan takluk dari Arema FC dengan skor 0-4.

Esquerdinha cuma bisa membawa The Guardian melaju ke perempat final. Selain itu, dia juga mengumpulkan waktu bermain sebanyak 255 menit.

Kendati begitu, Esquerdinha malah didepak manajemen Bhayangkara FC pada 15 April 2019. Dia terhitung cukup lama menganggur berdasarkan data Transfermarkt.

Berjaya di Serie D

© INDOSPORT
Gelandang asing anyar Bhayangkara FC asal Brasil, Esquerdinha. Copyright: INDOSPORTMantan gelandang asing Bhayangkara FC asal Brasil, Esquerdinha.

Pada akhirnya, kabar terkini Esquerdinha ialah tengah berjaya di kompetisi Serie D Brasil kala bergabung dengan klub bernama Sociedade Esportiva do Gama.

Melansir data Soccerway, Esquerdinha turut mengantarkan Sociedade Esportiva do Gama berada di puncak klasemen sementara Serie D Brasil 2020.

Hingga pekan ke-10 Sociedade Esportiva do Gama belum merasakan satu kekalahan pun dari lawan-lawannya usai mengoleksi 28 poin, 39 gol, dan delapan kebobolan.

Namun, tak diketahui secara rinci berapa gol dan assist yang dicatatkan Esquardinha. Menurut laporan situs resmi klub, dia kerap tampil di beberapa laga.