Bola Internasional

Harga Klub Shayne Pattynama Lampaui Total Nilai Skuat Persija dan Persib

Kamis, 21 Mei 2020 05:05 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Mari menilik harga klub wonderkid keturunan Indonesia, Shayne Pattynama, yang diketahui melampaui total nilai skuat Persija Jakarta dan Persib Bandung. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Mari menilik harga klub wonderkid keturunan Indonesia, Shayne Pattynama, yang diketahui melampaui total nilai skuat Persija Jakarta dan Persib Bandung.

INDOSPORT.COM - Mari menilik harga klub wonderkid keturunan Indonesia, Shayne Pattynama, yang diketahui melampaui total nilai skuat Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Shayne Pattynama merupakan salah satu pesepak bola yang lahir di Lelystad, Belanda, 11 Agustus 1998 (21 tahun), dengan posisi gelandang tengah.

Pemain berpostur tubuh 1,8 meter itu mengawali karier di akademi klub Belanda, SV Leystad '67, selama tiga musim penuh (2004-2007).

Lalu, ia dipinang oleh akademi Ajax selama tiga musim (2007-2010). Kemudian pindah lagi ke FC Utrecht selama tujuh tahun (2010-2017) dan merengkuh trofi Dutch U-17 2015.

Hingga sampai pada waktunya Shayne Pattynama dipromosikan ke tim Jong FC Utrecht. Dia bermain sebanyak 41 kali dan membuat satu gol selama dua musim (2017-19).

Kini, Shayne Pattynama berlabuh ke klub Liga 2 Belanda SC Telstar sejak 1 Juli 2019 dan memiliki masa bakti hingga 30 Juni 2021.

Pada 2019-20, Shayne Pattynama sudah membuat 20 penampilan dengan satu gol dan dua assists di semua kompetisi yang diikuti bareng SC Telstar.

© Etienne Zegers/Soccrates/Getty Images
Pemain keturunan Indonesia Shayne Pattynama saat masih membela FC Utrecht (Belanda). Copyright: Etienne Zegers/Soccrates/Getty ImagesPemain keturunan Indonesia Shayne Pattynama saat masih membela FC Utrecht (Belanda).

Meski demikian, ada hal menarik yang bisa ditelisik bersama oleh para penggemar sepak bola nasional akan perjalanan karier Shayne Pattynama.

Tepatnya ketika dikontrak oleh SC Telstar, klub tempat bernaungnya Shayne Pattynama ternyata memiliki total nilai skuat yang cukup tinggi.

Berdasarkan data dari situs penyedia statistik pemain, Transfermarkt, total skuat SC Telstar mencapai 4,58 juta euro (sekitar Rp72 miliar) untuk musim 2020.

Jumlah tersebut diketahui masih lebih tinggi dari nominal jawara Liga 1 2018, Persija Jakarta, dan kampiun Piala Presiden 2015, Persib Bandung.

Seperti diketahui, Persija saat ini memiliki total skuat mencapai Rp70 miliar (4,45 juta Euro), sedangkan Persib hanya Rp56 miliar (3,6 juta Euro).

Sehingga terlihat jelas akan total skuat SC Telstar sukses tundukan Persija dan Persib untuk saat ini. Di sisi lain menarik bagaimana nasib Pattynama di masa depan.