Komunitas Sehat

Kenali Lintasan Terbaik dan Terburuk untuk Olahraga Lari

Minggu, 17 Maret 2019 14:58 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© hellosehat.com
Ilustrasi orang melakukan olahraga lari. Copyright: © hellosehat.com
Ilustrasi orang melakukan olahraga lari.

INDOSPORT.COM - Lari merupakan olahraga yang paling gampang dilakukan. Anda bahkan bisa melakukannya dimana saja dan tak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Banyak lintasan yang bisa Anda jajal saat lari mulai dari berlari diatas rumput, jogging track ataupun di treadmill. Setiap lintasan memiliki tantangan tersendiri serta berpengaruh pada kesehatan kaki sang pelari. 

Dilansir dari laman berita olahraga Now This News, salah satu opsi adalah berlari di lintasan yang berumput. Ini bisa menjadi pilihan favorit Anda, karena tekstur rumput yang lembut sangat bagus untuk melindungi sendi.

Namun, bila Anda memutuskan untuk berlari di daerah padang rumput di area perbukitan, tenaga akan terkuras lebih cepat karena struktur tanah yang tidak rata.

Selanjutnya, Anda bisa berlari di lintasan lari yang biasanya terdapat di stadion. Di sini Anda bisa mengkur jarak tempuh dengan baik. Sayangnya, bila berlari kencang di belokan, akan memberikan tekanan pada lutut dan pergelangan kaki.

Bagi warga perkotaan, salah satu tempat favorit untuk lari adalah jogging track. Meski aman dari kendaraan bermotor, struktur tanah lintasan ini biasanya terbuat dari beton keras sehingga buruk bagi kesehatan lutut serta sendi Anda.

Pilihan lainnya adalah berlari di treadmill. Opsi ini menjadi solusi terbaik bila Anda ingin tetap berolahraga meskipun cuaca buruk melanda. Sayang, tak semua orang dapat memiliki fasilitas yang tergolong mewah ini.

Namun Anda tetap bisa menggunakan treadmill dengan menjadi anggota di tempat gym. Apapun lintasan yang dipilh nantinya, utamakan selalu kesehatan lutut dan sendi Anda.

Terus Update Tips and Trik Serta Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%