Cara Jitu Jadi Pelari Andal ala Pelatih Asian Games 2019

Jumat, 20 September 2019 18:52 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Suci Hardiyanti/INDOSPORT
Lim Soeyantho, Chief Operating Officer & Member of Board of Director Combiphar (kiri) menyerahkan kategori EKIDEN kepada Agung Mulyawan, Running Coach (kanan) pada press conference Combi Run 2019 di Jakarta (20/09/19). Copyright: © Suci Hardiyanti/INDOSPORT
Lim Soeyantho, Chief Operating Officer & Member of Board of Director Combiphar (kiri) menyerahkan kategori EKIDEN kepada Agung Mulyawan, Running Coach (kanan) pada press conference Combi Run 2019 di Jakarta (20/09/19).

INDOSPORT.COM - Combiphar bersama pelatih maraton Indonesia pada Asian Games 2018, Agung Mulyawan berbagi tips kepada pelari pemula untuk menaklukan kompetisi.

Pertama, datang lebih awal ke tempat kompetisi. Manfaatkan waktu untuk melakukan peregangan terlebih dahulu sangat membantu para pelari melemaskan otot sebelum memulai pertandingan.

Selanjutnya, para pelari dianjurkan untuk memerhatikan postur saat berlari seperti posisi kepala harus tegak, bahu serta leher tetap rileks.

Badan tegak agak condong ke depan dengan pandangan mata lurus ke depan serta tangan ditekuk padaa bagian siku dengan sudut 90 derajat untuk membantu tubuh agar tetap seimbang. Coach Agung juga memaparkan teknik pernapasan agar pelari pemula tidak kehabisan oksigen saat berlari.

“Yang penting napas secara nyaman, dengan kenyamanan saat bernapas maka oksigen akan tersalurkan dengan baik."

Caranya hirup (oksigen) melalui hidung dan mulut dan untuk tarikannya kalau saya menyarankan penekanan dari diafragma,” jelas Agung Mulyawan kepada INDOSPORT usai press conference Combi Run 2019 di kawasan Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (19/09/19).

Untuk tetap menjaga kondisi tubuh sebelum maupun setelah lari, para pelari dianjurkan untuk memerhatikan nutrisi penting yang harus dikonsumsi.

Utamakan mengkonsumsi makanan mengandung karbohidrat, protein, lemak baik, dan yang paling utama adalah kebutuhan cairan, yang tentu saja untuk menggantikan cairan tubuh yang banyak terbuang saat berolahraga.

“Kalau untuk lari yang baik dari karbohidrat seperti nasi, protein seperti daging merah karena mengandung zat besi dan juga daging putih seperti ayam dan ikan yang mengandung omega 3 itu kan lemak baik, selain merawat otot dan sendi juga merawat konsentrasi,” lanjutnya.

Berolaharga bersama keluarga maupun orang-orang terdekat menajdi tips terakhir agar lari terasa lebih menyenangkan. Sekaligus menjadi ajang berkumpul dengan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama yakni menerapkan gaya hidup sehat dan aktif.

Combi Run sendiri menjadi acara tahunan yang rutin dilakukan oleh Combiphar untuk pencinta olahraga di Indonesia, tahun ini Combi Run hadir untuk ketujuh kalinya.

Dengan komitmen Championing a Healthy Tomorrow, Combi Run 2019 akan dihelat pada Minggu (22/09/19) di Qbig, BSD City, Tangerang.

Penulis: Suci Hardiyanti